Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bolo Dipilih Sebagai Kecamatan Tertib Admindu

Zainuddin

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima memilih Kecamatan Bolo sebagai salah satu Kecamatan Tertib Administrasi dan Kependudukan (Admindu). Bolo sekaligus menjaid duta Kabupaten Bima dalam lomba tertib Admindu tingkat Provinsi NTB tahun 2018.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Zainuddin, SSos, MM mengatakan, untuk itu pihaknya memberikan sosialisasi sebagai persiapan menghadapi lomba tertib Admindu tingkat Provinsi NTB. Dipilihnya Bolo karena pertimbangan teroterial, sumber daya manusia dan kemudahan dalam proses pembinaannya.

Dikatakannya, jika dilihat dari hasil evaluasi dan penilaian melalui layanan mesra tahun 2017 lalu. Ada empat kecamatan yang progres dan cakupannya luar biasa, yakni Bolo, Madapangga, Sape, dan Wawo.

“Empat kecamatan itu yang progresnya bagus dalam tertib Admindu. Namun karena pertimbangan tersebut kita pilih Kecamatan Bolo,” ujarnya usai sosialisasi di Aula Camat Bolo, Selasa (31/7).

Dijelaskannya, tertib Admindu ini merupakan tertib legalitas anak manusia sejak lahir sampai mati. Dengan mencakup 32 jenis layanan. Diantaranya Akta kelahiran, akta kematian, perkawinan, KTP,KK, Surat pindah, legalisasi, Surat keterangan domisili dan lainnya.

“Jenis layanan tersebut akan terus kita tingkatkan di Bolo ini untuk persiapan lomba tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, untuk saat ini jadwal lomba tersebut belum ditentukan. Meski demikian, pihaknya akan mulai persiapkan dalam menghadapi lomba tersebut. Dengan memberikan pelayanan khusus dalam beberapa hari kedepannya di Kecamatan Bolo ini terkait Admindu.

“Kami inginkan menyangkut adminstrasi tersebut akan dituntaskan. Sebelum lomba itu digelar,” ungkapnya.

Dengan adanya agenda tersebut dia mengimbau pada Kepala Desa (Kades) untuk mendata warga yang belum memiliki adminstrasi kependudukan tersebut. Terutama warga yang belum memiliki KTP Elektronik.

“KTP Elektronik ini penting. Terutama bagi pemilih pemula dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang. Kalau 2018 sudah kita cetak sekitar 2000 lembar. Yakni mereka yang melakukan perekaman sebelum Pilkada Juni lalu,” pungkasnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sejak Kamis (12/5) lalu, jaringan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima dialihkan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M.Noer mengatakan, suksesnya pemerintahan itu berawal dari pelayanan yang baik dan tidak boleh ada diskriminasi. Apalagi ...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Drs H Dahlan M Noer memberi pembinaan ASN Lingkup Dinas Kependudukan dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, jalin kerjasama antar Dinas untuk permudah pelayanan dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Kadis Dukcapil, Salahudin,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, berlakukan pelayanan secara online melalui via email. Alamat email pelayanan, disesuaikan dengan Kecamatan masing-masing....