Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Camat Bolo, Lantik Penjabat Kades Timu

Bima, Bimakini.- Camat Bolo, Mardianah, SH, elantik Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Timu, H Gunawan SPd, MPd. Pelantikan itu dirangkai dengan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) antara mantan Kades Timu, Arsyad H Djamalaudin yang sudah diberhentikan secara hormat.

Permberhentian itu berdasarkan SK Bupati Bima nomor 188. 45/423/06. 16/2018.  Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Bolo, Jumat (23/8).

Hadir pada kesempatan itu, Kapala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin, MM dan jajaran, Muspika Bolo, Penjabat dan mantan Kades Timu, para Kades serta warga Desa Timu.

Camat Bolo, Mardianah, SH mengatakan, Pj Kades Timu sudah bisa menjalankan tugas serta memegang roda pemerintahan di desa setempat. Menurutnya tigas yang diemban tidak ringan, karena harus berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Penjabat tidak boleh menganggap enteng tugas dan kewajibannya. Apalagi berhadapan langsung dengan masyarakat banyak,” ingatnya.

Lanjutnya, dalam menjalankan program desa, haruslah bijak, tanpa pilih kasih. Utamakan sasaran program bagi masyarakat membutuhkan. “Jangan pilih kasih. Karena tugas adalah amanah yang akan dipertanggung jawabkan di dunia maupun di akhirat kelak,” bebernya.

Disamping itu kata dia, tidak laksanakan tugas di luar aturan, baik UU, Perda  dan Perpub. Serta dapat bekerjasama dengan Kaur dan lembaga desa lainnya.

Dia juga berpesan kepada BPD untuk melaporkan, jika ada penjabat melakukan pelanggaran. “Jangan segan-segan untuk melaporkan kepada kami maupun pihak Kepolisian,” tegasnya.

Kepala DPMdes Kabupaten Bima. Drs Sirajudin, MM mengatakan, pada prinsipnya proses pemilihan Kades tidak ada yang luar biasa. Sebab kegiatan ini bagian dari demokrasi yang wajib dilaksanakan usai masa jabatan Kades.

Dia meminta penjabat yang baru saja dilantik, bisa menempatkan diri secara netral. Apalagi Penjabat Kades seorang ASN. “Sehingga tidak ada alasan untuk bermain, menguntungkan diri sendiri dengan memanfaatkan jabatan yang diemban,” pesannya.  (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Camat Woha, Irfan Dj, SH, melantik tiga penjabat Kepala Desa, Jumat (24/8). Pelantikan di aula Kantor Camat Woha disertai serah terima jabatan...