Politik

KPU Mulai Verifikasi Dokumen Perbaikan Bacaleg

Penyerahan Tanda Terima oleh Komisioner KPU Kota Bima ke PKB.

Kota Bima, Bimakini.- Selasa (31/7) pukul 24.00 wita, batas akhir penyerahan perbaikan syarat Bacaleg. 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 di Kota Bima,  sudah menyerahkan perbaikan syarat Bacaleg itu. Terhadap dokumen perbaikan itu, akan dilakukan verifikasi mulai, Kamis (2/8).

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos menjelaskan, semua Parpol sudah menyerahkan perbaikan syarat Bacaleg. Hanya saja terhadap dokumen yang diserahkan, belum sempat dilakukan verifikasi.

Bahkan menurut Bukhari, pihaknya belum melakukan pendataan untuk jumlah Bacaleg perempuan pasca perbaikan. Apakah jumlah keterwakilan perempuan masih sama seperti saat pendaftaran awal, atau justeru berkurang.

“Tapi intinya, kuota 30 persen masing-masing daerah pemilihan itu terpenuhi,” tegasnya, Rabu (1/8).

Terhadap Bacaleg yang tidak melengkapi dokumen persyaratan, akan disimpulkan. Apakah memenuhi syarat sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) atau tidak.

“Sampai siang ini kami belum tahu, apakah semua syarat yang diserahkan lengkap atau tidak. Terhadap keabsahan, besok akan diverifikasi,” pungkasnya kemarin.

Pantauan BimaEkspres di hari terakhir penyerahan perbaikan syarat Bacaleg, Selasa (31/7), kantor KPU Kota Bima dipadati oleh tim penghubungan Parpol. Mereka sibuk melengkapi apa yang menjadi kekurangan dari Bacaleg yang diusul.

Salah satu Parpol yang mendapatkan Tanta Terima Selasa siang adalah PKB. Wakil Sekretaris DPC PKB KOta Bima, M Ardiansyah mengatakan, sejak Senin berkas sebenatnya sudah lengkap, namun meneliti kembali syarat Bacaleg.

Kini, kata dia, tidak ada masalah dengan kelengkapan syarat Bacaleg PKB dan siap diveritikasi kembali. Selanjutnya menunggu KPU menetapkan DCS.

“PKB sekarang fokus untuk menghadapi Pileg dan menargetkan empat kursi,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 13
    Shares
To Top