Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Wabup: Jalur Pendakian Tambora akan Ditata

Kegiatan Teka Tambora beberapa waktu lalu.

Bima, Bimakini.- Siapa yang tidak mengenal dengan nama Gunung Tambora. Gunung berapi yang terkenal dengan kaldera yang berada di bagian utara Kabupaten Bima.

Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, mengatakan, akan menata semua jalur pendakian. Sebab dalam peta wilayah, 80 persen masuk dalam administrasi Kabupaten Bima.

“Berdasarkan peta topograf gunung tambora, 80 persen masuk pada data administrasi Kabupaten Bima,” jelas Wabup Dahlan di Pos I jalur pendakian Gunung Tambora Desa Oi Bura, Selasa (14/8) lalu.

Wabup memantau jalur pendakian gunung Tambora didampingi Camat Tambora, Kepala Desa Oi Bura dan masyarakat. Dikatakanya, akan melakukan penataan semua Pos sepanjang jalur pendakian.

“Baruga yang dipasang mulai Pos I hingga Pos III dijalur pendakian ini, akan dikembalikan pada pemiliknya.  Sebab bukan Pemda dan masyarakat Kabupaten Bima yang membangun,” ujarnya.

Kata dia, untuk meningkatkan dan mengenalkan destinasi wisata gunung Tambora Kabupaten Bima ke wisatawan asing, dalam waktu dekat akan mengaspal jalan mulai Desa Oi Bura sampai di Pos I Gunung Tambora.

“Di atas lereng gunung ini adalah wilayah Kabupaten Bima. Akan buatkan fasilitas umum seperti toilet dan homestey di Pos I, supaya wisatawan tertarik dan memilih jalur di wilayah Kabupaten Bima,” ungkapnya.

Kata Wabup, Pemkab Bima saat ini sedang memeromosikan destinasi wisata. Bahkan beberapa titik sudah menarik perhatian Pemerintah Pusat, bahkan dunia.

“Kami akan buatkan kegiatan lebih besar di gunung Tambora kita, dengan menjual Tambora maka pembangunan infrastruktur akan lebih maju dan kesejahteraan masyarakat lebih meningkat,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Seorang pendaki di Kawasan Taman Nasional Tambora, memetik bunga Edelweiss tepatnya di Puncak Jalur Pendakian Piong, Kabupaten Bima. Pendaki tersebut mengunggah fotonya...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  September ceria. Sepertinya cocok buat menggambarkan kegembiraan para pendaki yang sudah lama ingin menggapai puncak Gunung Tambora. Jika tidak ada kendala, pendakian...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Kepala Kantor Balai Taman Nasional (TN) Gunung Tambora, melalui Kepala Resor Piong Sabaruddin, Shut, menejaskan, bahwa jalur pendakian di gunung Tambora belum...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Taman Nasional (TN) Gunung Tambora sebelumnya ditutup karena pendemi Covid – 19. Kini Kantor Balai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT), membuka kembali...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Setelah diberlakukannya normal baru (New Normal), Jalur pendakian dan destininasi wisata air terjun bidadari Oi Marai Gunung Tambora kembali dibuka, Selasa (7/7)....