Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

ADD Desa Kwangko untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kades Kwangko, Nursalam. saat meninjau pelaksanaan proyek.

Dompu, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Kwangko, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, akan memfokuskan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kesejahteraan masyarakat.  Untuk tahun 2018 ini ADD Desa Kwangko mencapai Rp 1,7 Miliar.

Kepala Desa Kwangko Nursalam mengatakan, ADD itu benar-benar akan difokuskan untuk kesejehateraan masyarakat. Sampai awal September 2018 ini, ADD Desa Kwangko telah di manfaatkan sekitar 60 persen.

Realiasi dari 60 persen itu, seperti pembangunan Irigasi yang mengalirkan Air ke So Karebe dengan panjang 87 Meter. Pembangunan atau membuka jalan baru yang menghubungkan Dusun Tua dan Dusun Baru di Pulau Bajo dengan panjang 600 meter. Bor Sumur di Dusun Ncuni untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga setempat.

“ADD tahun ini juga kami alokasikan untuk pembangunan Rumah Kumuh dan MCK,” katanya seraya menambahkan semua pelaksanaan pembangunan itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan BPD dan pihak terkait lainya, Sabtu.

Selain itu, kata Nursalam, dari ADD tahun ini, juga dimanfaatkan untuk  rehab saluran perpipaan pembuangan air limbah. Pembungan air limbah itu penting, mengingat di sekitar pemukiman warga selalu tergenang dan dikeluhan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Alhamdulillah keluhan warga itu bisa segera di atasi.” katanya seraya menambahkan panjang pipa pembuangan saluran limbah itu sekitar 350 meter.

Pihaknya juga sedang merancang anggaran untuk pembelian Mobil Ambulance. Karena kebutuhan warga Desa Kwangko akan percepatan pelayanan kesehatan, terutama sangat urgen dan vital. Mengingat Desa Kwangko, terletak paling ujung Barat Kabupaten Dompu dan jauh dari pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum.

Program mobil Ambulance ini juga merupakan janji dan visi misinya saat sebelum menjabat Kepala Desa Kwangko. “Selama ini warga yang sakit sangat kesulitan untuk mobil ke Puskesnas dan RSUD,” katanya.

Sejak dilantik 4 Januari 2018 lalu, belum bisa berbuat maksimal, tapi dijanjikannya akan memberi yang terbaik bagi kemajuan Desa Kwangko. Karena itu berharap adanya dukungan semua masyarakat. (JUN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Masyarakat Pulau Bajo Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa,Kabupaten Dompu yang  keseharianya  sebagai nelayan memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa bahagianya usai melaut. Seperti...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.-  Saat ini kondisi jalan menuju Pulau Bajo, Desa Kwangko, Kecamatan Manggelewa Dompu, kondisinya rusak dan memerihatinkan. Warga berharap adanya perhatian dari pemerintah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Suaidin SH membantah semua tuntutan sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tuntut transparansi Dana Desa Tahun 2020, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Rasabou (Ampera) gedor kantor desa setempat, Kamis (18/3), sekitar pukul 09.43 Wita....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Belasan warga yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Rade Satu (Iparasa) Desa Rade mendesak transparansi anggaran kegiatan fisik pagarnisasi desa setempat. Karena dalam...