Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

BPBD Distribusikan 78 Tangki Air Bersih Selama Dua Bulan

Bima, Bimakini.- Musim kemarau 2018 ini mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Bima masih mengalami kriris air bersih. Sebagai bentuk tanggungjawab, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima telah mendistribusikan air bersih sebanyak 78 tangki ke masyarakat.

Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima Bambang, Hermawan SCom, MM, mengatakan musim kemarau melanda wilayah Bima saat ini, mengakibatkan bencana krisis air bersih.

“Banyak sekali masyarakat mengalami krisis air bersih dan mereka melaporkan ke kami untuk diberikan bantuan air bersih,”  ujarnya di Pemkab Bima, Rabu (5/9).

Lanjut dia, sebagai lembaga yang menangangi bencana, pihaknya langsung merespon cepat dengan mendata wilayah yang mengalami kekeringan. “Kami sudah mendistribusikan air bersih sebanyak 78 tangki dalam dua bulan terakhir untuk masyarakat di Kecamatan Woha,  Palibelo, Bolo dan Madapangga,” sebutnya.

Dia berharap masyarakat yang mengalami kekeringan melapor ke Kepala Desa atau Camat, agar dapat ditangani kesulitan air bersihnya.

“Bagi desa yang alami kekeringan kelanjutan, bisa dimasukan dananya dalam ADD Desa, supaya bisa digunakan untuk penanggulangan,” sarannya.

Kata dia, krisis air bersih ini disebabkan penggunaan air berlebihan. Apalagi  persediaan air dalam tanah semakin berkurang.  “Harus ada upaya penanganan kekeringan mata air ini, masyarakat juga harus menanam pohon sebagai wadah tempat resapan air,” ujarnya.

Dia mengaku, pendistribusian air bersih ke masyarakat tidak didukung oleh persediaan pos dana di BPBD. Sebab dana penanganan bencana ada di Pos Pemda.

“Kami harapkan Pemda bisa berikan anggaran khusus untuk penanggganan bencana kekeringan ini,” ujarnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Rabu (21/2/2024) malam di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, menyebabkan satu jembatan putus. Selain itu sejumlah rumah...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai  upaya memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan pasokan air bersih, Kasat Binmas Polres Bima Kota, IPTU Suratno, bersama dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resort Bima Polda NTB terus membagikan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang terjadi kekeringan parah, di wilayah Kabupaten Bima. Seperti...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...