Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Hari Kebersihan Dunia, Bule di Selong Belanak Bersih-bersih Sampah

Mataram, Bimakini.- Para wisatawan asing yang berada di Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, bersih-bersih sampah di lokasi wisata tersebut, Sabtu (15/9/2018). Kegiatan itu juga dalam rangka Hari Kebersihan Dunia.

Kegiatan bersih-bersih  itu juga sekaligus rangkaian peresmian Lembaga Peduli Selong Belanak (Selong Belanak Community Association) dan Sistem Pengelolaan Sampah Zero Waste. Tidak ada sampah yang masuk ke laut atau TPA pada Hari Kebersihan Dunia tahun ini.

Saat ini Indonesia berada di peringkat dua dunia untuk bahan plastik yang masuk ke laut, setelah China. Kurangnya pendidikan mengenai penggunaan plastik sekali pakai, menjadi dasar dibentuknya Lembaga Peduli Selong Belanak (SBCA). Tujuannya melindungi daerah Selong Belanak dari masalah sampah yang semakin besar.

Kepala Desa Selong Belanak, Lalu Yahya, menjelaskan, dampak sampah dan plastik yang kurang dikelolah dengan baik, tidak bisa diabaikan. Apalagi jumlah penduduk dan wisatawan yang meningkat di Selong Belanak, sehingga saatnya menggunakan sistem pengelolahan sampah zero waste.

Kades Selong Belanak mengapresiasi pihak SBCA, lembaga berbasis anggota dan secara keuangan didukung dari bisnis dan individu. Mereka mendedikasikan diri menjaga kebersihan Selong Belanak, dengan mengikuti prinsip-prisnip lingkungan yang zero waste.

“Semua sampah yang diangkut dari tempat sampah SBCA dijamin tidak akan pernah masuk ke TPA atau laut,” katanya.

Sistem pengelolahan sampah zero waste menjadi alasan untuk dilakukan di Lombok. SBCA sedang mengumpulkan masyarakat dan perusahaan untuk saling membantu dalam hal pengumpulan sumber daya dan membangun semangat untuk lingkungan Selong Belanak dan masyarakatnya.

SBCA menurut Yahya, berharap bahwa pantai dan Desa Selong Belanak bisa menjadi tempat yang bebas sampah supaya para generasi muda selanjutnya bisa menikmati lingkungan yang bersih dan mendukung seperti yang dirasakan nenek moyangnya sebelumnya.

Untuk itu, para anggota dan pengelolah SBCA, Sabtu pagi, bertemu di pantai Selong Belanak, pukul 9.00 Wita, untuk merayakan peresmian program yang penting dan inovatif. Para Bule di Selong Belanak berbaur dengan masyarakat setempat mengambil sampah dari pantai dan tempat terdekat lainnya untuk selanjutnya akan disortir, diproses, dan didaur ulang. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait