Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kades Risa Disorot Soal Transparansi ADD

Bima, Bimakini.- Belasan pemuda dan masyarakat Desa Risa, Kecamatan Woha, demo di depan Kantor Desa, Selasa (25/9). Mereka meminta transparansi penggunaan ADD tahun 2018.

Korlap aksi, Muhammad Wahyullah, menilai, ADD tahun 2018, tidak merasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab secara fisik belum ada sama sekali terlihat.

“Kami meminta Pemerintah Desa agar memberikan transparansi penggunaan ADD tahun 2018, sebab sampai saat ini kami tidak tau apa saja yang diprogramkan,” ujarnya.

Pendemo juga menyorot kinerja BPD selama ini, sebab tidak menjadi jembatan dalam merespon permasalahan di desa. “BPD tidak berkontribusi untuk masyarakat, hanya hadir mengurus kepentingan diri sendiri saja. Kami anggap BPD adalah lembaga pengontrol yang gagal menyelesaikan masalah masyarakat,” katanya.

Seharusnya, kata dia, ada papan informasi terkait program yang akan direalisasikan. Namun tidak pernah dipasang dan disosialisasikan kepada masyarakat selama tahun ini.

“Tidak hanya Kepala Desa, BPD dan perangkat Desa yang berhak tahu program selama 2018, tapi semua masyarakat berhak mengetahui,” katanya.

Kades Risa Ir Arifuddin, menjelaskan, ada keterlambatan realisasi ADD dan DDA. Namun, dipastiakannya semua program akan diselesaikan hingga akhir 2018.

“Apabila program dalam APBDes belum selesai sampai 2018, maka kami siap menanggung resikonya,” ungkapnya.

Dia juga meminta pendemo, agar mengawal dan membantu Pemerintah Desa merealisasi ADD dengan baik dan benar. Dijelaskannya, sebagian dana sudah digunakan untuk membayarkan gaji staf dan insentif lainnya serta pembukaan jalan baru.

“ADD dan DDA tahun 2018 ini ada beberapa tahapan yang harus kami kerjakan, terjadi keterlambatan pembangunan bukan hanya disini, tapi semua desa,” terangnya.

Dia juga mengaku, program pembangunan dan pembersayaan yang menggunakan ADD dan DDA masih berjalan.  “Kami masih melanjutkan program pembangunan dan pemberdayaan, kalau item program bisa dilihat dalam APBDes tahun 2018,” kata dia. (MAN/HAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati dan Wakil Bupati Bima dimulai, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menyumbang Rp40 juta untuk pembangunan Masjid Manbaul Khair dan dua Mushola...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Di hari raya Idul Adha 1441 H, di Desa Keli, Kecamatan Woha, ada 22 hewan qurban. Kepala Desa Keli, Drs Ramli mengungkapkan,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Risa (PMR),  aksi menuntut transparansi penggunaan anggaran tahun 2019, Kamis (18/6). Mereka juga sempat menutup...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Risa, Kecamatan Woha, menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur NTB Nomor: 180/112/kum/2020 tentang Upaya Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja, Surat Edaran...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Desa (Pemdes) Risa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, membagikan masker gratis kepada warga, , Kamis (23/4/).  Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus...