Peristiwa

Keindahan Bawah Laut di Calabai Menggoda

Dompu, Bimakini.- Desa Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, memiliki sejumlah destinasi wisata yang indah. Termasuk keindahan terumbu karang.

Bahkan, keindahan bawah laut di Calabai sudah dikenal dan menggoda. Beragam biota laut dapat dijumpai dan dinikmati. Ikan diterumbu karang, seperti dalam aquarium yang dapat dinikmati setiap saat.

“Terumbu karang menawarkan aneka jenis biota laut di perairan Calabai,” kata Usman, warga Calabai, Ahad (8/9).

Namun, disesalkannya keindahan alam bawah laut itu sempat ternoda oleh ulah tangan-tangan jahil yang melakukan pengeboman ikan maupun menggunakan potassium. Upaya rehabilitasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam LSM KOMPPAK bermitra dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.

Hasilnya pun kini dapat dinikmati. Terumbu karang kembali menampakkan keindahannya. Penyu-penyu hijau juga sudah bisa terselamatkan populasinya, meskipun masih membutuhkan pemeliharaan dan perlindungan.

Direktur LSM KOMPPAK, Christian, mengatakan, Pemerintah Desa Calabai kini menggandeng KOMPPAK untuk pengembangan wisata bahari di wilayah tersebut. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pengadaan mesin tempel Yamaha 40 PK dan banana boat dari anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan ditambah dana pribadi Direktur LSM KOMPPAK.

“Kami punya program kerja pengembangan wisata bahari sehingga kami sharing dengan Pemdes Calabai melalui Bumdes Calabai Mandiri,” kata  Chris seraya menambahkan Banana boat tersebut dilaunching pada saat Hari Raya Idul Fitri 1439 H lalu.

Diakui Cris, wisata bahari di laut Calabai dijamin tidak mengecewakan pengunjung. Dengan Banana Boat, pengunjung bisa diajak berpesiar menyusuri perairan Laut Calabai dan sekitarnya. Termasuk dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang masih alami dan hasil trasplantasi.

Selain di wilayah Calabai  Distinasi wisata yang Indah juga tersebar di ujung utara kecamatan Pekat.  Seperti Pulau Satonda  dan beberapa pantai lainya memiliki keindahan yang memesona. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 101
    Shares
To Top