Peristiwa

Mortir Peninggalan Belanda Ditemukan Warga di Kawasan Hutan Teka Ati

Dompu, Bimakini.-  Warga Dusun Rasanggaro, Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu, dikagetkan dengan penemuan Mortir yang masih aktif di kawasan hutan Teka Ati. Mortir itu diduga sisa perang dunia (PD) ke II.

Mortir awalnya ditemukan, Ikbal, warga setempat. Saat itu, Ikbal sedang berburu burung di kawasan hutan dan diserahkan ke Subden 3 Detasemen A Brimob Dompu untuk diamankan, Senin  (24/09).

Kapolres Dompu, AKBP Erwin Suwondo, SIk, MIk melalui Kasubag Humas IPDA Suhatta mengatakan, penemuan peluru Mortir pekan lalu di gunung Teka Ati Dusun Rasanggaro Desa Mangge Asi. Benda berbahaya itu ditemukan diantara semak-semak.

“Ikbal tiba-tiba kaget karena menemukan sebuah benda berbentuk peluru itu,” kata Suhatta.

Selanjutnya, kata dia, Ikbal membawa benda itu pulang ke rumahnya dan disimpan. Karena kuatir dan takut terjadi hal tidak diinginkan, sehingga membawanya ke pihak berwajib.

Sebelum diserahkan, kata Suhata, Ikbal  sempat menghubungi anggota Sat Intelkam Polres Dompu Bripda M Arafah untuk mengambil peluru tersebut dirumahnya.

Lanjutnya, setelah barang tersebut diserahkan dan dibawa ke Mapolres Dompu untuk diamankan. Arfah melaporkan ke Kasat intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris dan berkoordinasi  dengan Danki Brimob Subden 3 Detasemen A, IPTU Sudirman, SH.

Saat itu juga, kata Suhatta, tim  Jihandak Brimob Subden 3 Detasemen A melakukan pengecekan dan pembuktian apakah mortir diduga bekas perang Funia kedua itu  masih aktif atau tidak. Kapolres Dompu AKBP Erwin  Suwondo, SIK, MIK, ikut menyaksikan proses pengecekan mortir tersebut.

Selanjutnya, kata dia, mortir diamanman di Kompi Brimob Subden 3 Detasemen A. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Share
  • 85
    Shares
To Top