Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Partai Berkarya Gugat KPU Soal Penetapan DCT

Damrah, MPd

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, menggelar sidang ajudikasi antara Partai Berkarya dan KPU Kabupaten Bima, Kamis (27/9). Gugatan tersebut  terkait keputusan penetapan DCT yang tidak meloloskan Caleg Partai Berkarya.

Sidang ajudikasi tersebut dipimpin Majelis Ketua, Abdullah, SH, serta anggota Damrah, MPd,  Taufikurahman, dan Junaidin SPd. Pemohon diwakili kuasa hukum, H Lubis, SH dan Ahrajin, SH.  Sedangkan termohon diwakili, Muhammad Waru, SH, MH.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima melalui Devisi Penyelesaian Sengketa, Damrah, MPd, menjelaskan, pihaknya melakukan sidang ajudikasi proses Pemilu antara Partai Berkarya dan KPU Kabupaten Bima.

“Sebelumnya kami telah melakukan mediasi antara kedua belah pihak yang bersengeta, namun karena tidak ada titik temu, sehingga dilanjutkan,” katanya pada Bimakini.com, Kamis (27/9).

Kata dia, dalam sidang ini, objek sengketanya adalah kepetusan KPU Kabupaten Bima menetapkan DCT. Bakal calon bernama Siti Asmah dari Partai Berkarya Dapil VI, tidak diloloskan dalam DCT.

“Agenda sidang hari ini, pembacaan permohonan pemohon, atas dugaan pelanggaran dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima,” ujarnya.

Ketua Majlis membacakan permohonan pemohon di depan kuasa hukum dan termohon. Namun, termohon  belum bisa menyampaikan jawaban terhadap permohonan pemohon.

“Dari termohon meminta pengunduran waktu sampai tanggal 1 Oktober untuk membacakan secara tertulis apa yang menjadi termohonan tersebut,” ujarnya.

Kata dia, proses penyelesaian sidang ini dilakukan sejak tanggal 26 hingga 10 Oktober. Pihaknya tetap akan jalankan sesuai prosedur berlaku.

“Tanggal 10 Oktober nanti, kami akan mengeluarkan putusan terkait proses sidang ini,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Penunguran Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Sabtu 24 Februari 2024 berjalan lancar. Untuk itu, KPU menyampaikan apresiasi kepada semua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...