Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

PIP untuk Pemerataan Layanan Pendidikan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri membuka Sosialisasi dan Fasilitasi Program Indonesia Pintar ( PIP) Tingkat SD dan SMP Se- Kabupaten Bima di gedung Kurnia Kecamatan Bolo, Kamis (20/9). Hadir Anggota DPRD Kabupaten Bima Fraksi Golkar, Plt. Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dan jajaranya, Pimpinan BRI Cabang Bima, KUPT Dinas Dikbudpora Se Kabupaten Bima, Kepala Sekolah, perwakilan siswa penerima manfaat PIP.

Bupati mengatakan, PIP merupakan salah satu program  unggulan pemerintah pusat. Bertujuan untuk meningkatkan pemerataan layanan pendidikan bagi seluruh penduduk usia sekolah.

“Sehingga pemerintah ingin memastikan setiap anak dapat menempuh pendidikan pada jenjang dasar hingga jenjang menengah terutama membantu siswa / siswi yang berasal dari keluarga tidak mampu agar tetap melanjutkan sekolah guna mempersiapkan generasi mada depan yang berdaya saing secara global,” ujarnya.

Selain itu, kata Bupati, tujuan lainnya untuk meningkatkan akses bagi mereka guna mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.

“PIP juga bertujuan untuk menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan,” terangnya.

Bupati mengajak seluruh insan pendidikan serta elemen masyarakat agar terus menjalin kebersamaan, mengelorakan partisipasi aktif dan karya terbaik demi mensyukseskan agenda pemerintahan. “Demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna,” ungkapnya.

Sementara itu,  Plt Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H.Mar’uf, SE menyampaikan, program ini diharapkan bisa meningkatkan akses bagi penerima manfaat guna mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat. Mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun.

Dikatakannya, kedepan PIP tidak lagi dipegang oleh Kepala Sekolah, tetapi diberikan langsung kepada siswa dan siswi selaku penerima manfaat. Caranya mengirim langsung ke rekening maupun ATM.

Adapun alokasi anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah untuk PIP tahun ini sebesar Rp. 11 miliar lebih, diperuntukan bagi 28.708.957,00 siswa / siswi SD, Sementara itu pada tingkat SMP alokasi dana yang disediakan sebesar 8.454.000,00 diperuntukan bagi 13.549 siswa / siswi.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis buku rekening PIP terhadap enam  siswa selaku penerima manfaat yang dilakukan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri. (YAN)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Lantaran anaknya tidak tercakup untuk mendapatkan dana Program Indonesia Pintar (PIP), warga Desa Tambe Kecamatan Bolo, Basa, mengancam Guru SMPN 4 Bolo,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program Indonesia Pintar (PIP) dihajatkan pemerintah untuk  siswa yang tidak mampu. Namun, dalam kenyataannya, program  tersebut banyak tidak tepat sasaran. Seperti dialami...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak 175 sisiwa/siswi SDN dan SMPN di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Mereka...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Bantuan pemerintah melalui Program Indonesia Pintar (PIP) tahap tiga diserahkan Kepala SDN 14 Kota Bima pada 30 Siswa setempat, Kamis (31/8/2017). Penyerahan...