Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

September, Kabupaten Bima Belum Masuk Masa Transisi

Bima, Bimakini.- Sementara itu, hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH), di wilayah Kabupaten Bima, didominasi kategori menengah (11-20) hari tanpa hujan. Curah hujan pada dasarian III Agustus 2018, secara umum berada pada kategori rendah (<20 mm/dasarian).

“Dari hasil analisis data bulan September ini, belum masuk masa transisi. Peluang terjadinya hujan di wilayah Bima dan Dompu cukup kecil,” jelas Bagian Prakirawan BMKG Bima Jumratul Aida, Ah. MG via WhatsApp, Selasa (4/9).

HTH terpanjang terpantau berpotensi di wilayah Kabupaten Bima, disebabkan kondisi suhu muka laut di perairan NTB menunjukan anomali negative (kodisi cenderung dingin), ENSO dalam kondisi netral.

“Analisis angin menunjukkan angin timuran masih mendominasi wilayah NTB,” kata dia.

Lanjut dia, kondisi tersebut mengakibatkan mengurangi peluang terbentuknya awan-awan konvektif  hujan di sebagian besar wilayah NTB. Pergerakan madden jullian oscillation (MJO) saat ini tidak aktif.

Lanjut dia, probalitas curah hujan dasarian I bulan September 2018, Hujan pada dasarian I September 2018 di seluruh wilayah NTB berada pada kategori rendah (>20 mm/dasarian) namun memiliki peluang di Kabupaten Lombok Timur, Kabypate Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa bagian selatan sebesar 60 – 90 persen.

“Sedangkan untuk wilayah lain memiliki peluang dibawah 50 persen, Peluang terjadinya hujan diatas 50 mm di Provinsi NTB adalah dibawah 20 persen,”  terangnya.

Kata dia, dengan kondisi hari tanpa hujan yang begitu panjang, sehingga perlu diwaspadai terjadinya kekeringan yang berdampak pada berkurangnya ketersedian air di wilayah-wilayah dengan Hari Tanpa Hujan > 60 Hari di NTB, terang dia. (MAN)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...

Opini

Oleh : Anas Baihaqi, S.P. (Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat) Jika diterjemahkan secara bebas, yang dimaksud dengan “new normal” atau kenormalan yang baru,...