Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Zul-Rohmi Harus Dilantik Sesuai Jadwal, Pengunduran tidak Efektif

Lalu Athari (kiri) dan Bambang Mei (kanan)

Mataram, Bimakini.- Pasangan Gubernur dan Wakil gubernur NTB terpilih, Dr Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi dipastikan akan  dilantik sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, yakni 17 September 2018. Maka, pemimpin baru  NTB ini akan segera menyongsong dan melaksanakan program pembangunan sesuai Renstra lima tahun kepemimpinannya.

Meskipun, adanya wacana pengunduran jadwal pelantikan  pemimpin daerah NTB  dengan menugaskan Plt. Meskipun Plt hanya bertugas beberapa hari, namun dinilai tidak efektif, kecuali ada kejadian force majeur disatu daerah tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur M16 , Bambang Mei Finarwanto, SH didampingi Sekretaris Mi6 , Lalu Athari Fathullah, SE, Sabtu (9/9)

Meskipun demikian, Mi6 beranggapan jika terjadi skenario pengunduran jadwal  pelantikan serentak gubernur dan wakil gubernur sebagaimana yang diutarakan oleh Mendagri, semata-mata ada pertimbangan tehnis dan taktis. “Cuman kalau pengunduran hanya 10 hari dari tanggal 17 September sampai dengan 27 September terkesan tanggung dan bisa dipersepsikan lain secara politik ,” ujarnya.

Dalam konteks menciptakan tata kelola  pemerintahan yang baik, lanjut Lalu Athari seyogyanya Mendagri mempertimbangkan secara bijaksana dampak plus minusnya jika pelantikan gubernur terpilih se-Indonesia harus diundur untuk menghindari asumsi politik yang multi tafsir. “Apalagi ini tahun politik yang  bisa dipake membuat prejudice politik,” tambah Athari yang juga caleg muda propinsi No. urut 2 dapil Lombok tengah 8 dari Partai Perindo.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Terpisah Didu, panggilan karib Dir Mi6 menambahkan dalam konteks NTB, saat ini masyarakat menunggu gebrakan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam merealisasikan janji-janji politik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat NTB.

“17 September 2018 merupakan momentum yang ditunggu oleh masyarakat NTB untuk menilai kinerja pemimpin daerah yang baru untuk 100 hari pertama ,” ucapnya.

Didu melihat tugas dan tantangan pemimpin baru NTB lebih kompleks dan multi dimensional ditambah lagi memulihkan kondisi  masyarakat yg terkena dampak gempa yang membutuhkan perhatian ekstra.

“Supaya tidak bias tafsir, sebaiknya jadwal pelantikan Gubernur NTB sesuai tempory saja yakni 17 September 2018,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Inovasi dan investasi SDM

Sementara itu Sekretaris Mi6 , Lalu Athari mengapresiasi upaya-upaya Dr Zul membuka net working dan kerjasama dengan pihak mancanegara dalam meningkatkan SDM masyarakat NTB . Apalagi yang dilakukan oleh Gubernur NTB yang ini merupakan salah satu bentuk inovasi pembangunan yang berorientasi kepada upaya peningkatan kualitas dan kapasitas masyarakat terdidik NTB untuk investasi SDM kedepan.

“Dr Zul melihat tantangan pembangunan di era kepemimpinannya akan komplek ditambah lagi dengan diberlakukan pasar bebas AFTA/NAFTA thn 2020 , maka solusinya adalah membangun SDM masyarakat NTB agar mampu bersaing di era globalisasi ini,” ungkapnya .

Untuk merealisasikan kecepatan gerak pembangunan yang akan dilaksanakan Zul Rohmi tidak tertutup kemungkinan akan menemui kendala politik. Hal ini bisa terjadi jika Zul Rohmi tidak merangkul dan berkomunikasi dengan semua elemen sebagai upaya melakukan moderasi yang positif .

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Publik pasti melihat cerminan kredibilitas Zul Rohmi dari aspek kebijakan dan wajah SKPD yang menopang kabinetnya. Untuk menghindari politik like and dislike , patronase klien, dan lainya. Baperjakat perlu diperkuat fungsinya agar penempatan pejabat dilingkungan Pemprov NTB sesuai dengan prinsip  right man  on the right place ,” tambah Athari. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 menilai, paket H Mahmud Abdullah dan Abdul Rafiq, Papan 2 pasangan MOFIQ, jika benar melenggang di...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 kembali membeberkan analisa terkait dinamika politik terkini Bumi Gora yang masih sangat dinamis dan bakal penuh...

Politik

Mataram, Bimakini.- Munculnya sejumlah poros yang memasangkan dan mematutkan sejumlah figur untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur NTB tahun 2024, disambut baik Lembaga Kajian Sosial...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 haqqulyakin, H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah, akan kembali berpasangan dan melenggang mulus dalam perhelatan...

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 menilai kemunculan paket H Mahmud Abdullah dan Abdul Rofiq atau pasangan MOFIQ di Pilkada Kabupaten Sumbawa...