Pendidikan

Atraksi Siswa MTs Az Zainuddin Kalaki, Pukau Penonton

Bima, Bimakini.- Siswa MTs Az Zainuddin Kalaki, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, yang tergabung dalam beberapa organisasi ekstrakurikuler (ekskul), menampilkan kemampuan di hadapan orang tua murid dan undangan. Kegiatan di halaman sekolah setempat, Ahad (21/10) merupakan rangkaian kegiatan Inaugurasi Tapak Suci Cabang MTs Az Zainuddin Kalaki.

Bahkan, semua kegiatan direncanakan oleh siswa. Mulai dari perencanaan, pembentukan panitia, pencarian dana, penyusunan kegiatan, penyiapan perlengkapan dan mengurus administrasi kegiatan lainnya.

Begitupun pada saat pelaksanaan kegitan, mulai dari MC, Qiro’atul Qur’an, Dokumentasi kegiatan, dan atraksi atraksi seluruhnya dilakukan oleh siswa.

Ketua Az Zainuddin Bima Foundation, Ihsan Iskandar, menyampaikan, bahwa tidak saja skill yang diajarkan dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler sekolah, tetapi karakter siswa juga dibina melalui kegiatan. Selain mengejar prestasi, melalui kemampuan siswa dibidang ekatrakurikuler, juga dikenalkan dengan lingkungan lain di luar sekolah.

“Karena memang ekskul yang diaktivekan di MTs Az Zainuddin merupakan Ekskul yang memiliki jaringan daerah, nasional dan internasional,” ujarnya.

Disebutkannya, ada empat ekskul yang saat ini actif di MTs Az Zainuddin Kalaki, yakni Pramuka, Sanggar Seni Lewa Mori, Palang Merah Remaja (PMR) dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah.

Keempat ekskul itu, kata dia, ditunjukkan dihadapan undangan dan orang tua siswa. Pramuka menampilkan permainan sandi dan semapoer dan kemampuan membuat menara, serta tower menggunakan tongkat pramuka.

Sanggar Seni mempertunjukkan kemampuan dalam mengolah tubuh melalui tarian. Tapak Suci menampilkan jurus-jurus beregu, atrakasi pertarungan dengan tangan kosong dan senjata tajam. Serta atraksi pertarungan 3 lawan 1. PMR sendiri melakukan pertolongan terhadap korban luka tertutup, luka terbuka dan evakuasi korban.

Kasi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kabupaten Bima, H Mansyur Hasan, SAg, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Yayasan Az Zainuddin Bima (AB Foundation) bagi perkembangan dunia pendidikan. “Sekolah ini baru tiga tahun, tapi sudah mampu mendidik siswa siswi yang berkemampuan luar biasa. Ada banyak inovasi yang disampaikan Ketua Yayasan pada saya dan beberapa diantaranya telah direalisasikan oleh Yayasan Az zainuddin Bima. Kamipun berjanji akan mendukung sepenuhnya segala ide maupun kegiatan yang ada,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 16
    Shares
To Top