Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bagian AP Tuntaskan Pal Batas Se-Kecamatan Asakota

Pengukuran tapal batas oleh Bagian AP Setda Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima selama empat, sejak Senin (8/10) sampai Kamis (11/10), ke lapangan untuk menentukan koordinat pal batas wilayah Kecamatan Asakota. Penentuan tapal batas dibantu oleh pemerintah kelurahan, Babinsa, Polmas, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Alhamdulillah selama kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, karena semua pihak turut membantu kegiatan penentuan titik koordinat sejak awal hingga selesai,” ujar Kabag AP Setda Kota Bima, H Fahruddin, Jumat (12/10).

Dijelaskan Fahruddin, berdasarkan jadwal kegiatan yang telah dikeluarkan, pihaknya melakukan penentuan titik koordinat tersebut dimulai dari Kelurahan Ule, Melayu, Kolo, Jatiwangi hingga Jatibaru Timur dan Jatibaru.

“Untuk tahun 2018 ini, kami baru melakukan penentuan titik koordinat di wilayah Kecamatan Asakota. Kemudian di tahun berikutnya, akan direncanakan di kecamatan lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan mantan Kabag Kesra tersebut, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai dasar untuk pemancangan pal batas dan pembuatan Perwali, tentang tapal batas administrasi kelurahan.

“Target kami dalam 3 tahun ke depan, setiap kelurahan di 4 kecamatan tersisa akan rampung dilakukan penentuan titik koordinat pal batas wilayah,” imbuhnya.

Ditambahkan Fahruddin, tujuan kegiatan ini untuk memastikan batas wilayah administrasi kelurahan. Selama ini terdapat beberapa gejolak terakit adanya klaim masyarakat tentang batas wilayah bila ada keperluan administrasi. Meskipun ada gejolak, tapi tidak berdampak luas.

“Melalui penetapan titik koordinat dan penentuan pal batas tersebut, maka pemerintah ingin mempertegas kepada masyarakat tentang batas wilayah yang harus dipatuhi bersama,” ujarnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Seluas 99 Hektare wilayah Kabupaten Dompu, tepatnya wilayah Dusun Karaku, Desa Manggenae telah masuk menjadi wilayah Kabupaten Bima. Hal itu tertuang...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui Bagian Administrasi Pembangunan (AP), Selasa (7/3) menyerahkan bantuan stimulan pada Gabungan Kelompok Tani di Kumbe. Bantuan berupa bahan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Saat reses dengan Anggota DPRD Kota Bima, Dapil I, Selasa (17/12), Ketua LPM Kelurahan Lampe, Ihsan menyampaikan soal tidak jelasnya batas...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Satu persatu janji politik mulai direalisasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima  dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya pembangunan Kantor Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Guna menertibkan administrasi wilayah dan kependudukan, Pemerintah Kota Bima melalui Bidang Administrasi Pemerintahan (AP) Setda menggelar rapat pembahasan penetapan pal batas...