Peristiwa

Bima Terpanas di NTB

Bima, Bimakini.- Catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bima menjadi daerah terpanas di NTB. Jumat (12/10), daerah Bima sempat dilanda suhu panas mencapai 39 derajat celcius. Sedangkan suhu panas setiap hari di Bima dan Dompu, mencapai 36 derajat celcius.

Kepala BMKG Wilayah Bima, Topan Primadi mengungkap, saat ini suhu panas yang menerpa Bima mencapai 36 derajat celcius. Namun tegasnya, suhu tersebut bukanlah suhu ekstrim. Karena, baru dikatakan ektsrim ketika suhu melebihi dari atau lebih rendah dari 3.

“Kalau lebih dari tiga derajat ke atas, baru terkategori sebagai suhu ekstrim. Sekarang masih 36 derajat,” kata Topan, Jumat (12/10).

Berdasarkan catatan BMKG, pada tahun 2005 lalu Bima dan Dompu pernah dilanda suhu panas hingga 39 derajat. Sehingga saat ini katanya, suhu yang menerpa Bima dan Dompu masih dianggap normal.

Dijelaskannya, peningkatan suhu panas dikarenakan masih sangat sedikitnya masa uap air yang membentuk awan. Bahkan, saat ini nyaris tidak ada. Sehingga tingkat radiasi matahari yang dirasakan oleh manusia, akan sangat terasa.

Diperkirakan, suhu tertinggi yang bisa dicapai saat ini yakni 37 derajat celcius. Panas akan berlangsung, hingga memasuki Bulan Desember mendatang.

“Jadi kesimpulannya, memang masih musim kemarau. Makanya masih panas terasa,” ujarnya.

Dibandingkan daerah lain di NTB, Bima termasuk sebagai daerah terpanas yang saat ini mencapai suhu 36 derajat celcius. Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terbentuknya titik-titik api yang akan mengakibatkan kebakaran.

Terutama, bagi warga yang membuka lahan dengan cara membakar, diharapkan kewaspadaan agar tidak memicu kebakaran lahan yang meluas. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 364
    Shares
To Top