Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Bima Terpanas di NTB

Bima, Bimakini.- Catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bima menjadi daerah terpanas di NTB. Jumat (12/10), daerah Bima sempat dilanda suhu panas mencapai 39 derajat celcius. Sedangkan suhu panas setiap hari di Bima dan Dompu, mencapai 36 derajat celcius.

Kepala BMKG Wilayah Bima, Topan Primadi mengungkap, saat ini suhu panas yang menerpa Bima mencapai 36 derajat celcius. Namun tegasnya, suhu tersebut bukanlah suhu ekstrim. Karena, baru dikatakan ektsrim ketika suhu melebihi dari atau lebih rendah dari 3.

“Kalau lebih dari tiga derajat ke atas, baru terkategori sebagai suhu ekstrim. Sekarang masih 36 derajat,” kata Topan, Jumat (12/10).

Berdasarkan catatan BMKG, pada tahun 2005 lalu Bima dan Dompu pernah dilanda suhu panas hingga 39 derajat. Sehingga saat ini katanya, suhu yang menerpa Bima dan Dompu masih dianggap normal.

Dijelaskannya, peningkatan suhu panas dikarenakan masih sangat sedikitnya masa uap air yang membentuk awan. Bahkan, saat ini nyaris tidak ada. Sehingga tingkat radiasi matahari yang dirasakan oleh manusia, akan sangat terasa.

Diperkirakan, suhu tertinggi yang bisa dicapai saat ini yakni 37 derajat celcius. Panas akan berlangsung, hingga memasuki Bulan Desember mendatang.

“Jadi kesimpulannya, memang masih musim kemarau. Makanya masih panas terasa,” ujarnya.

Dibandingkan daerah lain di NTB, Bima termasuk sebagai daerah terpanas yang saat ini mencapai suhu 36 derajat celcius. Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terbentuknya titik-titik api yang akan mengakibatkan kebakaran.

Terutama, bagi warga yang membuka lahan dengan cara membakar, diharapkan kewaspadaan agar tidak memicu kebakaran lahan yang meluas. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...

Opini

Oleh : Anas Baihaqi, S.P. (Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat) Jika diterjemahkan secara bebas, yang dimaksud dengan “new normal” atau kenormalan yang baru,...