Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Diklat Basic Avsec UPBU Bandara SMS Bima Dibuka

Bima, Bimakini.-  Kepala Kantor Akademik Tehnik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar melalui Kepala Devisi Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Agus Salim, SE, MM, membuka materi ruangan pendidikan dan latihan (Diklat) Basic Avsec angkatan 44 tahun akademik 2018 di aula lantai dua Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima, Kamis (18/10).

Kepala UPBU Bandar Udara SMS Bima, Chairul Humam, menjelaskan, Diklat Basic Avsec angkatan 44 tahun akademik 2018, diikuti 20 tenaga kontrak atau honor. Setelah mengikuti bimbingan mental dan fisik mulai 15 hingga 18 Oktober, selanjutnya  mengikuti materi ruangan.

“Hari ini pembukaan Diklat ruangan mulai 18 Oktober hingga 5 September 2018. 20 peserta mengikuti materi, praktek dan ujian lisensi,” ujarnya.

Sebagai Kepala Bandara Bima, berterima kasih pada ATKP Makassar atas kerja sama ini.  Selanjutnya, Bandara Bima akan merekrut putra putri daerah menjadi pegawai bandara.

“Semoga kerja sama ini akan terus dilakukan sehingga kami dapat merekrut putra daerah menjadi bagian dari pada kami disini,” kata dia.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara Perwakilan Kantor ATKP Makasar melalui Kepala Devisi Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Agus Salim, SE, MM, mejelaskan, Diklat ini salah satu program dari pemerintah pusat. Tujuannya untuk merekrut masyarakat yang belum bekerja atau tidak mampu, dengan bekal pengetahuan pendidikan yang ada. Nantinya mereka akan dapat sertifikat dan lesensi dari negara.

“Dengan adanya lisensi atau surat tanda kecakapan personel, bersangkutan bisa bertugas di Bandara sebagai petugas sekuriti,” ujarnya.

Lanjut dia, Negara memeritintahkan untuk merekrut masyarakat sebagai petugas Bandara. Hampir seluruh wilayah melaksanakan program seperti ini. “Kedepan seluruh bandara di Indonesia khususnya di daerah terpencil akan melakukan perekrutan pegawai,” kata dia.

Dalam waktu 20 hari kedepan, mereka mendapatkan teori dan praktek. Namun setelah memiliki bekal, akan langsung praktek di lapangan selama lima hari.

“Setelah melaksanakan PKL ini, akan diuji kembali tentang materi selama pendidikan berlangsung,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk menguji hasil Diklat ini, Direktorat keamanan penerbangan Kementrian Perhubungan RI akan datang menguji langsung masing-masing personel.

“Setelah dinyatakan lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat dari ATKP Makassar dan lesensi untuk dipegang sebagai pegawai di Bandara ini,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Polres Bima melalui Polsek di Kawasan Bandara Bima kini meningkatkan penjagaan di areal sekitar. Patroli ini semata-mata...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan rasa nyaman bagi para pengguna jasa penerbangan, Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima terus berbenah diri....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pengembangan landasan pesawat Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima final dikerjakan sesuai target. setelah tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan survey...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, I Kadek Yuli Sastrawan, SIKom, memastikan pembangunan terminal baru dua lantai dengan sistim single year...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Proses pengembangan pengembangan Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, terus menunjukan digenjot. Sebelumnya untuk runway ditargetkan tuntas sebulan lagi, kini pembangunan terminal...