Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

DPPPA Terima 91 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

M Nor Madjid

Kota Bima, Bimakini.- akhir triwulan ke-3 Dinas Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima menerima 91 laporan aduan kekerasan, yang terjadi terhadap perempuan dan anak.

Kepala DPPPA Kota Bima, M Nor Madjid menjelaskan, hingga saat ini berdasarkan data yang dimiliki, telah menerima 91 laporan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Dari 91 kasus kekerasan tersebut, terdiri dari kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRTL) sebanyak 56 kasus, kemudian kekerasan terhadap anak 11 kasus dan  kekerasan perempuan sebanyak 24 kasus,” ujarnya, Kamis (4/10).

Dikatakannya, sejumlah kasus kekerasan tersebut tersebar di lima Kecamatan se-Kota Bima. Rata-rata korban yang melaporkan didominasi orang tua, remaja maupun ada anak di bawah umur.

“Dengan berbagai macam penyebab, diantaranya permasalahan ekonomi, perselingkuhan dan permasalahan sepele lainnya,” ujarnya.

“Untuk membantu penanganan terhadap pelapor tersebut, kami selalu dibantu oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima. Agar dapat dilakukan pendampingan, untuk membantu penguatan secara psikologis dan bisa bangkit kembali menjalani kehidupan sosial,” lanjutnya.

Nor menambahkan, OPD-nya sebagai leading sektor pemerintah daerah dalam melayani dan memberikan perlindungan terhadap hak perempuan dan anak. Pihaknya terus berupaya memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya, bila masyarakat mau melaporkannya.

“Kepada masyarakat yang mengalami tindak kekerasan dan intimidasi, kami disini selalu siap menerima laporan masyarakat, kemudian memberikan perlindungan dengan pendampingan hingga permasalahan ditemukan jalan solusi,” tutupnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Personel Polsek Belo Polres Bima, sigap meringkus terduga pelaku penganiayaan di Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima, yang nyaris dihakimi massa pada Kamis...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, meminta agar pejabat di lingkungan DP3AP2KB lebih pro-aktif menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Jangan...

Hukum & Kriminal

Bima Kota, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di wilayahnya. Dalam upaya untuk...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini, – Upaya mencegah terjadinya pelecehan seksual terhadap anak ditengah kehidupan bermasyarakat, Pos Bantuan Hukum Dompu (Posbakumadin) menggelar penyuluhan hukum di SMK Negeri...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mataram menggelar Diskusi Virtual Ancaman Kekerasan Seksual Mengintai Jurnalis Perempuan Rabu (1/3/2023). Menghadirkan pemateri Ketua Bidang Gender,...