Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kepala ANRI RI Luncurkan E-Arsip di Kantor Pemkab Bima

Bima, Bimakini.- Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr H Mustari Irawan, MPA dan Bupati Bima, meluncurkan Arsip Elektronik (E-Arsip) di Kantor Pamkab Bima, Senin (1/10). Hadir juga Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, Pimpinan DPRD Kabupaten Bima serta OPD.

Kepala ANRI, Dr H Mustari Irawan, MPA mengatakan, lounching E – ARSIP ini merupakan salah satu system atau tatacara pengumpulan informasi, berupa dokumen yang direkam atau disimpan. Sehingga dokumen dapat mudah dilihat, dikelola dan digunakan. Sistem kearsipan merupakan suatu kombinasi dan penyusunan dari unsur kearsipan yang di design untuk mencari solusi dan masalah kearsipan, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

“Arsip Elektronik ini mudah disimpan dan diolah dalam suatu format, dimana hanya komputer yang dapat memprosesnya,” ujarnya.

Dikatakannya, Arsip elektronik juga disebut sebagai machine readable records (arsip yang hanya bisa dibaca melalui mesin). Electronic records merupakan informasi yang terkandung dalam file dan media elektronik, yang dibuat, diterima, atau dikelola oleh organisasi maupun perorangan dan menyimpannya sebagai bukti kegiatan.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mengatakan, keberadaan E – ARSIP ini merupakan bagian dari system penataan modern yang menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam tata kelola kearsipan. Pelaksana tugas kedinasan, maupun kebutuhan informasi masyarakat, dipandang perlu dengan hadirnya E – ARSIP.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Apalagi, kata dia, Kabupaten Bima merupakan  daerah Se-Provinsi NTB yang pertama kali mengaplikasikannya. Untuk itu, Lembaga Kedinasan Daerah, Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima sebagai Leading Sektor utama, dapat terus berinovasi melalui pelombaan dan pembinaan kepada OPD.

Agar kemampuan pengelola Arsip berbasis elektronik semakin optimal untuk sewaktu – waktu. Sehingga bentuk dan formatnya sesuai standar nasional.  (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tim dari Perpustakaan Nasional dan Arsip Republik Indonesia (ANRI) bertemu Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Nor, MPd, Selasa (9/5/2017). Kedatangan...