Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Kondisi Fisik SDN Sari Kalampa, Miris

Kepala SDN Sari Kalampa, Syamsuddin, SPd, MSi saat menunjukkan tembok yang retak.

Bima, Bimakini.- Kondisi fisik SDN Sari Kalampa, Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, sangat memerihatinkan. Tampak dari depan, dapat dilihat atap genteng yang bergelombang. Itu karena kayu sudah mulai lapuk dan patah.

Di bagian dalam, terlihat plafon sudah banyak yang jebol. Tembok juga banyak yang retak. Bukan kecil, ada yang sudah menganga. Dinding terkelupas, hingga ada sudut tembok yang sudah bergeser dari kusen jendela.

Di bagian  teras, sudah bergeser dengan tembok ruangan. Menurut guru setempat, hal itu terjadi ketika gempa.

Selain itu, guru juga mengeluhkan, ketika musim hujan. Air akan merembes deras di ruang kelas, sehingga aktivitas belajar mengajar terganggu.

Baca Juga: “Kalau Sekolah Ambruk, Siswa Kena, Siapa Bertanggungjawab”

Kepala SDN Sari Kalampa, Syamsuddin, SPd, MSi mengatakan, sejak bertugas di sekolah ini, kondisinya sudah banyak yang rusak. Namun, kini justru semakin parah.

Bahkan belum lama ini, salah satu ruangan plafonnya ambruk. Beruntung saat itu jam istirahat dan siswa berada di luar kelas.

“Kami kaget dengan jatuhnya plafon di ruangan kelas satu. Untungnya saat itu siswa sedang ada di luar, karena sedang jam keluar main,” unjarnya pada BimaEkspres, Kamis (11/10).

Kerusakan terparah, kata dia, di  kelas 1 hingga 4. Dua ruangan sudah direhab melalui DAK 2012. Namun salah satu ruangan, kelas 6, sudut temboknya retak besar.

“Untuk bagian lantai, kami perbaiki dengan membeli semen dan pasir untuk penambalan bagian yang rusak dengan anggaran dana BOS,” ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah  dapat melihat kondisi  SDN Sari Kalampa. Apalagi posisinya dipinggir jalan dan secara kasat mata dapat dilihat kondisinya yang rusak.

“Saat ini  kami belum  mengusulkan  perbaikan kerusakan gudung sekolah,” ujarnya.

SDN Sari Kalampa sendiri, jarak tempuhnya sekitar 5 menit dari Kantor Bupati Bima. (HAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kondisi Ruang Kegiatan Belajar (RKB) di SMPN 4 Lambitu rusak parah. Bahkan kondisi itu sudah terjadi sejak 2019 lalu, akibat adanya pergerakan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE didampingi Kabid Dikdas Dikbud, Taufikurahman meninjau sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kota Bima. selain...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- SDN Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, mendapat bantuan DAK Rp200 juta dari APBN tahun 2020. Sebelumnya kondisi bangunan memerihatinkan. Kepla LH SDN...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Perumahan dan gedung Perpustakaan di SDN 2 Piong Kecamatan Sanggar kondisinya rusak parah. Bangunan didirikan tahun 1979 lalu itu belum pernah diperhatikan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dunia Pendidikan di Kabupaten Bima sangat memeerihatinkan. Hal itu terlihat  dari kondisi Ruangan Kegiatan Belajar (RKB) di SDN Ntoke, Kecamatan Wera. Pasalnya,...