Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Manggemaci Dicanangkan Jadi Kampung KB

Pelepasan balon udara menandai pencanangan Kampung KB di Kelurahan Manggemaci.

Kota Bima, Bimakini.- Kelurahan Manggemaci, Kecamatan Mpunda, IKUT dicanangkan sebagai salah satu Kampung KB di Kota Bima. Kelurahan Manggemaci merupakan satu dari 11 Kelurahan yang dicanangkan tahun 2018.

Pencanangan oleh Staf Ahli Wali kota Bima, Ir Darwis di halaman kantor Lurah Manggemaci, Senin, (15/10). Sebelumnya pencanangan dilakukan di Kelurahan Sambinae.

Pencanangan diawali dengan pengukuhan Ketua dan Pengurus Kampung KB oleh Ketua Penggerak PKK Kota Bima, Hj Ellya. Hadir Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik A. Karim, Anggota FKPD Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Ketua Iswara Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, anggota TP PKK Kelurahan, tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar.

Lurah Manggemaci, Yusuf Ismail menjelaskan, kondisi wilayah Kelurahan Manggemaci khususnya RW 02 memiliki sebutan “Kampung KB Wadu Ntada Rahi”.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima, Drs Suriadi, MPd, menyampaikan, pencanangan Kampung KB di Kelurahan Manggemaci merupakan lokasi kedua. Sebelumnya 11 Oktober 2018 telah dicanangkan di Kelurahan Sambinae. “Masih ada 9 Kelurahan lainnya akan dicanangkan yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Mpunda, Rasanae Barat, Raba dan Asakota,” ujarnya.

Beberapa OPD juga turut berpartisipasi dalam pencanangan Kampung KB dan memiliki program yang terintegrasi dengan program KKBPK. Adanya integrirasi ini dapat memberikan pelayanan cepat. Salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bima yang menyiapkan pelayanan pencetakan KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di setiap Kelurahan yang akam dicanangkan.

Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Ellya menyampaikan, 10 program PKK sangat erat kaitannya dengan program kesehatan dan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

“Saya harapkan kader-kader PKK agar jangan sampai ketinggalan dengan informasi tentang KB serta informasi terkait berbagai permasalahan keluarga,” ujarnya.

Selain itu, diharapkannya PKK dan BKKBN dapat bersinergi pada pelaksanaan program. Sehingga memiliki daya ungkit bagi peningkatan kesejahteraan keluarga di lokasi Kampung KB.

Staf Ahli Wali Kota Bima, Ir Darwis menjelaskan, Kampung KB tidak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi memberdayakan potensi masyarakat. Diharapkan kegiatan kampung KB ini tidak terhenti setelah dicanangkan, namun dapat bergema dalam kegiatan kelanjutan yang nyata di masyarakat.

“Kesuksesan program ini tergantung sungguh pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta,” ujarnya.

Pada akhir acara, secara simbolis diserahkan bantuan berupa Al-Quran, Iqro, KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga oleh Staf Ahli Walikota didampingi Ketua TP PKK Kota Bima dan Kepala Dinas Dukcapil.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pelayanan kesehatan di Polindes Manggemaci oleh Ketua TP PKK Kota Bima didampingi Ketua GOW Kota Bima. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Asisten I Setda Kota Bima, Drs H M Farid, MSi, mencanangkan Kampung KB “Kampo Rade” bersama Ketua TP PKK Kota Bima,...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Wakil Wali (wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH mengharapkan, pencanangkan Kampung KB di Kelurahan Sambinae Kota Bima, tidak hanya seremonial belaka....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda, ditetapkan oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Bima sebagai kampung Keluarga Bencana (KB). Penetapan tersebut setelah melalui beberapa kriteria....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mencanangkan Dusun Talaboka, Desa Talapiti, kecamatan Ambalawi, sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kabupaten Bima, Rabu...