Peristiwa

Panitia Akhirnya Tetapkan Lima Nama Calon Kades Bre

Bima, Bimakini.- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Bre, Kecamatan Palibelo, akhirnya menetapkan lima nama calon Kepala Desa (Kades) yang dianggap memenuhi syarat. Setelah penetapan, langsung dirangkai dengan pengundian nomor urut di Aula Kantor Desa setempat, Senin (1/10).

Sebelumnya, penetapan Calon Kades Bre mengalami penundaan dan sempat menuai protes.

Ketua Panitia Pilkades Desa Bre Drs. Ahmad, menjelaskan pihaknya telah menetapkan lima nama calon Kades.  Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Nomor 18/Pan pel-Des/2018.

“Lima calon sudah kami tetapkan, diantaranya Abubakar MM, Drs. A Rifai, H. Ruslan HM. Amin, ST Dra. Ma’ani dan Muh Saleh Lakisa, S. Hi,” sebutnya.

Kata dia, sebelumnya kelima bakal calon tersebut ditunda penetapannya 27 September. Sebab masih ada dokumen identitas yang tidak sesuai, sehingga disepakati untuk diperbaiki.

“Ada balon yang melampirkan surat keterangan belum terima ijazah, beda tanggal lahir. Bahkan semuanya tidak melampirkan surat keterangan tidak pernah menjabat sebagai Kades selama 3 tahun dari DPMDes,” ujarnya.

Ahmad membenarkan,  petahanan atau Mantan Kades mengajukan surat keterangan belum menerima ijazah itu. Namun sudah diperbaiki melalui Dinas Dikbudpora. “Pada masa perbaikan, semua sudah melengkapi persyaratannya, tidak hanya mantan Kepala Desa,” ujarnya.

Kata dia, masa perbaikan berakhir 30 September kemarin. Sehingga diputuskan untuk dilakukan penetapan, sebab tidak bisa lagi mengundur waktu.

“Berdasatkan hasil ferifikasi kami, bahwa dokumen yang dilengkapi tersebut telah memenuhi syarat dan kami anggap sah,” katanya.

Setelah penetapan, kata dia, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut. Hasil pengundian, Nomor Urut 1. Muh Saleh Lakisa, Drs. A Rifai, Nomor Urut 2, Nomor Urut 3, H Ruslan HM Amin, Nomor Urut 4 Abubakar, MM, serta  Nomor Urut 5, Dra Ma’ani.

Kapolsek Belo IPDA Kadek Sumartha, SH, mengimbau Calon Kades yang ditetapkan selalu menjaga kantibmas. Tidak saling memprovokasi antar pendukung.

“Kita semua sama, sama-sama orang Desa Bre, jadi jangan sampai menimbulkan permasalahan sehingga menggangu hubungan baik antar sesama,” harapnya.

Pantauan BimaEkspres, penetapan nama calon Kades dihadiri Camat Palibelo, Kapolsek Belo dan Kasub Sektor Palibelo. Hadir juga Plt Kepala Desa Bre dan masyarakat yang menyaksikan penetapan dan pengundian nomor urut. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 26
    Shares
To Top