Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Peduli Lingkungan, PLN UP3 Bima Penghijauan di Jalur Baru Ama Hami

Penanaman pohon ketapang di jakur baru Ama Hami.

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT PLN UPT Bima,  penghijauan di jalan baru Ama Hami, Jumat (5/10/2018). Kegiatan penghijauan itu sebagai bagian dari realisasi CSR.

Manager PLN UP3 Bima, Dony N Gustiarsyah mengatakan, kegiatan ini dilakukan melihat kondisi di Bima yang terkesan gersang saat musim panas.Dipilihnya lokasi jalan baru Ama Hami, agar kedepannya sepanjang lokasi tersebut akan rindang. Jenis pohon yang ditanam adalah ketapang kencana.

Dikatakan Dony, berbagai kegiatan CSR sebelumnya sudah dilakukan, seperti bakti sosial, pembangunan MCK, pengobatan gratis dan lainnya. Salah satu fokusnya saat ini, adalah lingkungan. Apalagi dalam kegiatan PLN, kerap berhubungan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Salah satu saran yang disampaikan DLH, kata dia, bagaimana keterlibatan PLN dalam kegiatan penanaman pohon. Salah satu realisainya adalah menanam pohon di jalur baru Ama Hami. Apalagi, kondisinya masih tandus, sehingga butuh pohon untuk merindangkannya. “Kami juga bisa minta masukan dari Dinas PUPR Kota Bima,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, Senin (1/10) lalu, diadakan kegiatan sosialisasi pegiat lingkungan dengan DLH Kota Bima. Saat itu menghumpulkan lurah di Kota Bima, kelompok lingkungan dan Mapala. “Prinsipnya di PLN, sesuai usaha, berwawasan lingkungan,” terangnya.

Dony juga mengharapkan kedepannya, dapat terus mendukung kegiatan lingkungan di Kota Bima, Apalagi, daerah ini panas dan pernah dilanda banjir.

Foto bersama usai penanaman pohon.

Sementara itu, Perwakilan Dinas PUPR KOta Bima, Ririn Kurniawati, menyampaikan terimakasih kepada PLN yang melaksanakan CSR-nya dengan kegiatan penanaman pohon. Apalagi, di jalur baru Ama Hami belum ada anggaran untuk penghijauan. “ Alhamdulillah ada CSR PLN. Karena jalur baru ini untuk penghijauan atau taman belum masuk dalam proyek,,” ujarnya.

“Mudah-mudahan pohon yang ditanam hari ini bisa tumbuh besar dan menjadi oxigen di Kota Bima. Ini menjadi awal yang baik, PLN bisa ikut partisipasi untuk lahan di atas, tidak hanya di hilir,” lanjutnya.

Diakuinya, Dinas PUPR sering bekerjasama dengan PLN soal tiang. Diharapkannya, ada dukungan PLN untuk pemasangan listri di pemukiman relokasi korban banjir nantinya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Kota Bima, Drs H Abdul Gawis, mengatakan,  kegiatan ini sebagai salah satu tanggung jawab atas kelestarian lingkungan. Tidak hanya oleh PLN tapi semua.

Diakuinya, PLN bukan pertama kali melakukan kegiatan penghijauan, sebelumnya  di pantai Niu. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah kegiatan penanaman ini, perlu ada ketekunan lebih lanjut, merawat pohon. Apalagi tempat tanam di atas batu.

Selain itu, dimintanya Dinas PUPR perlu untuk memikirkan penataan lebih lanjut. Hanya saja terkadang kondisi lingkungan rusak dengan sikap warga yang tidak memahami.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon  oleh Manager PLN UP3 Are Bima, Sekretaris DLH Kota Bima, Drs H Abdul Gawis dan Pejabat Dinas PUPR Kota Bima, Ririn Kurniawati. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- PLN UP3 Bima menyiagakan 27 posko dan 358 personel dalam rangka menjaga keandalan listrik menjelang hari raya natal dan tahun baru (Nataru)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Program Tanggungjawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima di taman wisata Kolo, diresmikan, Rabu 12 Oktober...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kebakaran melanda pertokoan di Desa Tente, Kec. Woha, Kabupaten Bima pada hari Minggu (24/7) pukul 18.30 Wita. Sebanyak 15 gardu yang melistriki...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap dunia pariwisata serta peningkatan ekonomi masyarakat, PLN UP3 Bima dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bima turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan perekonomian petani kopi di wilayah lereng Gunung Tambora, Kabupaten Bima. Salah...