Peristiwa

Setelah Disorot, Proyek Peningkatan DI Madapangga I, Diperbaiki

Warga Desa Ndano, Husen saat berada di lokasi pekerjaan peningkatan Daerah Irigasi (DI) Madapangga I.

Bima, Bimakini.- Proyek peningkatan Daerah Irigasi (DI) Madapangga I sebelumnya mendapat sorotan, karena dikerjakan asal-asalan dan menyalahi bestek. Kini pekerjaan itu sudah diperbaiki. Protes sebelumnya disampaikan Pemerintah Desa (Pemdes) Ndano dan petani sebagai penerima manfaat.

Warga Desa Ndano, Husen mengatakan, setelah ada sorotan tersebut, sudah dilakukan perbaikan. “Pekerjaan sudah diperbaiki. Bahkan dilakukan penggalian ulang pondasi sebelum pemasangan batu,” ujar Husen yang juga ditunjuk sebagai pengontrol oleh pelaksana.

Kata dia, pascaperbaikan, diharapkan kepada penerima manfaat bisa menjaga dan melestarikannya. Agar penggunaannya bisa lebih lama. “Petani wajib menjaga serta melestarikannya. Yakni membersihkan sampah atau kotoran saluran irigasi yang mampet,” pintanya.

Dijelaskannya, daerah penyaluran air Daerah Irigasi (DI) Madapangga I diperkirakan mencapai 450 hektar. Meliputi watasan So Mpuja, Tolora’u Desa Ndano. Sedangkan watasan Desa Monggo meliputi So Cabang Tiga, Cabang Empat, Lede dan lainnya. “Area yang diairi Daerah Irigasi Madapangga I untuk Desa Ndano hanya 60 lebih hektar. Sisanya watasan Desa Monggo,” terangnya.

Salah seorang tukang, Abdullah, membenarkan, semua pekerjaan yang diklaim asal-asalan oleh Pemdes dan petani sudah diperbaiki. Tidak saja masalah pemasangan batu, ketinggian talud dikerjakan berdasarkan bestek. “Pemasangan sudah tuntas. Sekarang menyelesaikan bagian lantai saja,” ujar Abdullah.

Kata dia, total ketinggian talud yakni 120 cm dari tanah. Karena 20 cm untuk lantai, sehingga total ketinggian talud 1 meter. Sebelum pembuatan lantai, bagian fondasinya dipasang batu kerikil. Hal itu dilakukan agar lantai kuat diterjang arus air atau sampah pada saat banjir datang. “Semua dilakukan sesuai bestek. Begitu pun campuran bahan sangat teliti yakni sesuai komposisi,” tuturnya.

Petani asal Desa Monggo, Imran, mengaku, pekerjaaan peningkatan DI Madapangga I sudah sesuai harapan. Kondisi ini akan memudahkan penyaluran air, serta cepat sampai ke sasaran pengairan. “Pekerjaan sudah mantap. Sesuai yang disampaikan pihak pengontrol, seminggu lagi air bisa dilepas sekaligus bisa digunakan oleh petani,” ungkapnya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 24
    Shares
To Top