Pendidikan

SMPN 1 Wawo Jaga Tradisi Lolos Olimpiade Matematika Vektor Nasional 2018

Bima, Bimakini.-  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, Warlia Mursida Muhtar, lolos babak semi final lomba Olimpiade Matematika Vektor Nasional 2018. Hasil ini mengulang keberhasilan siswa SMPN 1 Wawo lolos di tingkat Nasional yang akan berlaga di Aula Universitas Malang (UM) 20-21 Oktober mendatang.

Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, SPd, MPd, bersyukur  atas keberhasilan siswa yang dapat mengulang prestasi 2012. Dulu dapat meloloskan tiga siswa yang ke Universitas Brawija (Unibraw) Malang, tetapi pada lomba 2018 ini hanya satu dari tujuh siswa sebagai duta SMPN 1 Wawo. Selanjutnya akan bersaing dengan 633 siswa se Indonesia.

Pada babak penyisihan yang digelar pada SMAN 1 Kota Bima Sub Rayo NTB 7 Oktober lalu, SMPN 1 Wawo mengirimkan tujuh siswa. Mereka adalah Dika Aulia Jam,ah, Fikrurrahman, Nur Isti Yanti, Quratun Nabila, Raodatul Jannah, Ussy Hermiyati, dan Warlia Mursida. Namun, yang lolos ke semi final hanya Warlia Mursida. Uniknya juga ada satu mantan siswa SMPN 1 Wawo, Jumratin yang lolos mewakili SMAN 1 Kota Bima.

Prestasi ini, katanya, sebagai lanjutan koleksi prestasi yang diraih siswa SMPN 1 Wawo. Tradisi itu masih tetap bertahan, sehingga penunjukan SMPN 1 Wawo sebagai sekolah rujukan bukan hanya isapan jempol belaka.

Tetapi ditunjukan melalaui prestasi yang ditorekan siswa sebagai pencapaian delapan standar nasional pendidikan SMP. Meski dalam standar sarana dan prasarana masih harus terus digenjot pembangunannya.

Siswa ini, katanya, akan diberangkatkan Jumat (19/10) melalui jalur udara bersama Samarkandi, SPd, guru pembina bidang matematika. “Kita doakan agar duta SMPN 1 Wawo dapat lolos babak final dan bisa meraih prestasi yang membanggakan guru dan sekolah,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan guru Pembina Matematika, Samarkandi, S.Pd. Tujuh siswa yang dibina selama beberapa bulan terakhir sudah dilaukan secara maksimal dan menunjukan progres yang bagus. Namun, hanya satu yang lolos. Sebenarnya Warlia Mursida terlambat mengikuti lomba di bidang matematika, karena selama ini tekun mengikuti tari, tetapi ternyata memiliki talenta.

“Kami kaget ternyata yang lolos adalah Warlia Mursida. Namun, siswa lain yang tidak lolos juga salut atas keberhasilan duta siswa SMPN 1 Wawo  bidang matematika. Kita doakan agar bisa lolos final,” katanya di SMPN 1 Wawo, Senin (15/10). (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 36
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top