Pemerintahan

Wali Kota Diminta Evaluasi Lahan Sambinae

Kota Bima,  Bimakini. – Anggota DPRD Kota Bima, Nazamuddin, SSos meminta agar Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mengevasluasi lahan rekolasi di Kelurahan Sambinae. Apalagi lahan tersebut sudah terlanjut dibeli oleh Pemkot Bima.

“Saya sarankan Wali Kota mengevaluasinya,  jangan sampai muncul masalah baru nanti,” ujarnya, Selasa (9/10).

Pembelian lahan itu, kata duta PKPI ini, sekitar 4 miliar atau Rp1 miliar per hektarnya. Bahkan, akan mengusulkan ke pimpinan dewan untuk memanggil pihak terkait untuk melakukan klarifikasi.

“Mulai soal pembelian lahan. Instansi yang akan dipanggil yakni  Dinas Perkim,  BPBD,  Dinas PUPR selaku Tim Rehab Rekon,  KM serta pihak terkait lainnya,” uujarnya.

Pihak terkait, kata dia, harus bertangguungjawab atas pembelian lahan yang tidak layak tersebut. Apalagi, dia sudah melihat langsung lokasi tersebut yang kondisinya sampai sekarang masih miring dan tinggi.

Malah menurutnya, lokasi itu layaknya menjadi tegalan, ketimbang perumahan korban banjir. “”Saya sudah lihat langsung lahan di Sambinae, bagaimana bisa dikatakan layak oleh Dinas Perkim, kontur lahannya saja masih sangat miring,” tegasnya.

Menurutnya, tidak saja soal kemiringan, namun juga sangat curam,  untuk berjalan saja begitu sulit. Sementara lahan untuk pembangunan pemukikan itu harus memiliki kriteria layak.  Setidaknya ke depan tidak menimbulkan masalah baru bagi warga bantaran sungai yang mau direlokasi.

“Ceritanya kan Pemkot mau pindahkan warga bantaran sungai agar terhindar dari banjir,  nanti di lokasi relokasi bukannya aman dan nyaman, malah masalah baru muncul,” ujarnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 18
    Shares
To Top