Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Diskominfotik Tingkatkan Kapasitas Pengelola Informasi di OPD

Diskominfotik Kabupaten Bima, gelar pelatihan jurnalistik bagii pengelola informasi dii OPD.

Bima, Bimakini.- Untuk meningkatkan kapasitas staf pengelola informasi di OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Dinas Komunikasi,  Informasi dan Statistik (Diskominfotik)  menggelar Pelatihan Jurnalistik, di aula SMKN 2 Kota Bima, Rabu (21/11).

Kegiatan  dengan tema “Peningkatan Kompetensi SDM Kehumasan dalam Pengelolaan Informasi Publik Menuju Bima RAMAH” selain diikuti OPD, juga diikuti sejumlah pengelola media online.

Kepala Diskominfotik Kabupaten Bima,  H Abdul Wahab, SH mengatakan, perlu meningkatkan kapasitas staf pengelola informasi di OPD/SKPD. Selanjutnya, peserta yang dilatih, akan mempublikasikan semua kegiatan atau program yang ada.

“Lihat DPA untuk rujukan membuat publikasi, tanpa harus menunggu dulu kegiatan dilaksanakan,” pesannya.

Bahkan, kata dia, pekan depan Diskominfotik akan menggelar pelatihan pengelolaan informasi media sosial (medsos) bagi pejabat eselon dua. Bahkan,  ini menjadi atensi khusus Bupati Bima. “Nanti yang undang langsung bupati,” katanya.

Dikatakannya, penting penguasaan teknologi informasi oleh pejabat. Karena masih banyak pejabat yang belum bisa memanfaatkan teknologi informasi.

Sementara itu, Staf Ahli Kabupaten Bima, Ir Syaifuddin menyampaikan, perkembangan teknologi informasi menuntut semua pihak untuk meningkatkan kompetensi. Bahkan semua ASN  harus menjadi humas pemerintah.

“ASN adalah ujung tombak yang menyampaikan informasi ke publik, termasuk data. Untuk itu perlu memahami agenda pemerintah,” ujarnya.

Dikatakannya, pelatihan ini menjadi arti penting bagi pejabat dalam penyebarluasan informasi. Selain itu, perlu ada sinergi dengan media.

“Perlu membangun persamaan persepsi dengan media dalam penyelenggaraan pemerintahan dan penyajian data. Media juga mendapat akses seluas-luasnya dalam mendapatkan informasi, agar terwujud Bima RAMAH,” pungkasnya.

Kegiatan itu, menghadirkan sejumlah narasumber, baik dari dinas, maupun media. Pimpinan Umum Harian BimaEkspres, Sofiyan Asy’ari, ikut mengisi materi.

Untuk memberi semangat kepada peserta, panitia juga menyediakan doorprize berupa power bank.  (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bima, menyesalkan aksi penyegelan tower di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, beberapa waktu lalu. Pemerintah Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Kominfostik Kabupaten Bima mendata sedikitnya ada 22 kampung di Kabupaten Bima, yang belum memiliki sinyal komunikasi seluler atau disebut blank spot....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Jaringan Base Transceiver Station (BTS) yang ada di Desa Sampungu, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, menggunakan kualitas teknologi generasi kedua telepon seluler (2G)....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bima, membentuk tim teknis pengawasan pada tower Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun oleh Kementrian...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Tidak adanya jaringan telekomunikasi di Desa Doro O’o, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. Merespon itu, Dinas Komunikasi, Informasi dan...