Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Ekowisata Oi Marai Segera Diresmikan

Drs Dahlan Muhammad

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima akan meresmikan fasilitas Ekowisata Oi Marai, Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora.

“Kami sedang menyusun jadwal acara peresmian ekowisata air terjun Oi Marai, rencana kami ingin menghadirkan Bupati Bima maupun Pemerintah Provinsi NTB,” jelas Kadis Pariwisata Kabupaten Bima, Drs Dahlan Muhammad di Kantor Bupati Bima, Senin (26/11).

Dikatakannya, setelah Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti SE, meresmikan jalur pendakian Oi Marai, dan kegiatan Teka Tambora, nama Oi Marai makin dikenal.

“Tidak hanya menarik minat wisatawan baik nasional maupun internasional, Pemerintah Daerah, Povinsi dan Pusat turut membantu untuk pengembangan destinasi wisata tersebut,” ujarnya.

Kata dia, Pemerintah Pusat telah menetapkan Geopart Tambora Kabupaten Bima sebagai Geopart Unicev. Hal ini mendorong Pemda untuk terus memperhatikan objek wisata daerah yang sudah mendunia itu.

“Tinggal kesiapan Pemda Bima maupum Provinsi untuk menata objek wisata tersebut menjado lebih berkembang,” ujarnya.

Kata dia, bersamaan dengan rencana pelantikan itu, pihaknya akan menyerahkan bantuan mesin pengolah kopi untuk kelompok di Kecamatan Tambora Desember 2018 nanti.

“Kami menunggu waktu kosong Bupati Bima, untuk melakukan peresmian flying fox dan rifer tubing di Oi Marai Kabupaten Bima,” kata dia.

Selain itu, diakhir Desember 2018, dilakukan penandatanganan prasasti pembangunan fisik di beberapa objek wisata di Kabupaten Bima. Kegiatan ini dipusatkan di Pantai Larati.

“Program kerja kami mampu diselesaikan baik program jangka pendek, menengah maupun panjang, ini semua berkat dukungan kerja sama semua pihak dalam membangun komitmen mewujudkan Ba Ramah,” katanya.

Kata dia, Pemerintah Provinsi maupun Pusat, tahun 2019 nanti akan menggiatkan objek wisata daerah, sehingga harus ada ada penambahan APBD. “Kami telah menyusun APBD tahun 2019 melebihi APBD sebelumnya karena ada penambahan program untuk pengembangan wisata,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan menggelar lomba fotografer dan pemberian penghargaan kepada jurnalis. Penghargaan diberikan  atas kebersamaan mempromosioan kegiatan pariwisata. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Jalan-jalan

Bima, Bimakini.- Agar berwisata anda nyaman, penting untuk memerhatikan sejumlah hal. Diantaranya,  memastikan informasi tentang lokasi wisata yang akan dikunjungi. Itu agar mengetahui apa...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Selama libur lebaran, obyek wisata di Bima ramai dikunjungi oleh warga. Yang dikunjungi umumnya obyek wisata alam, seperti pantai, air terjun. Namun...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Rupanya ada peningkatan  kunjungan di sejumlah obyek wisata di Kota dan Kabupaten Bima selama libur lebaran. Salah satunya disebabkan karena panjangnya libur...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kehadiran Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) diharapkan mampu mendokrak pariwisata Kabuapen Bima. Tidak hanya sebagai penyangga, namun  menjadi tujuan utama,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Senin (9/12), menggelar  Malam Anugerah Lomba Ekonomi Kreatif di Museum ASI Mbojo Bima. Sejumlah penghargaan diberikan...