Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Empat Hari Operasi Zebra, 160 Kendaraan Terjaring

Bima, Bimakini.- Operasi Zebra yang dilakukan petugas gabungan berhasil menjaring lebih dari 100 kendaraan. Razia yang dipimpin Satlantas Polres Bima Kabupaten mencatat, hingga Jumat (2/11) sudah 160 kendaraan terjaring.

Kasat Lantas Polres Bima, IPTU Caka Putu Gde, SH, SIK  mengatakan, jumlah yang terjaring didominasi kendaraan roda dua. Bahkan lokasi razia tidak hanya satu, namun juga di daerah rawan lalu lintas.

“Para pengendara ditilang karena tidak melengkapi surat-surat berkendara seperti SIM, STNK. Kelengkapan bermotor seperti Helm, Spion dan Knalpot Racing, serta lawan arus,” sebutnya.

Kata dia, Satlantas Polres Bima memimpin operasi Zebra ini, bekerja sama dengan Dishub, Brimob, PM dan Sahbara Polres Bima. “Operasi Zebra mulai 30 Oktober hingga 12 Novemver 2018,” ujarnya.

Kata Caka, dalam ketentuan Dirsarlantas Mabes Polri, ada tujuh pelanggaran yang diprioritaskan untuk dijaring. Seperti pengemudi kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm, pengemudi di bawah umur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu juga, petugas akan menjaring pengendara yang mengabaikan sabuk keselamatan bagi pengendara roda empat atau lebih. Pelanggaran over speed atau kecepatan yang melebihi ambang batas.

Lanjutnya,  pelanggaran lain, melawan arus lalu lintas, pengemudi di bawah pengaruh minuman keras maupun narkoba. Serta pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua menggunakan smartphone atau ponsel.

Kasat mengimbau, pengendara harus mengkapi surat berkendara selama bepergian. Terutama melengkapi perlengkapan keselamatan dan disiplin terhadap aturan rambu-rambu lalu lintas. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Operasi Zebra terpusat tahun 2018, yang digelar Satlantas Polres Bimaberakhir , Senin (12/11) kemarin.  Lebih dari 1.000 kendaraan terjaring. “1.000 lebih kendaraan...