Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Guru Jangan Ubah Cita-Cita jadi Pendidik, tapi…

Drs H Dahlan M Nor, MPd

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM, Noer, MPd berpesan kepada guru, agar tidak mengubah cita-cita sebagai pendidik, tapi ubah metode pembelajaran.

“Bila guru ingin memajukan sistem pendidikan melalui peserta didik, tidak ada yang perlu diubah, bahkan cita-cita jangan sampai diubah, tapi ubahlah cara atau metode pembelajaran,”  ujar Wabup usai upacara HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN), tingkat Kabupaten Bima, di halaman Kantor Bupati Bima, Senin (26/11).

Upacara yang dihadiri Bupati Bima, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kabag, Unsur FKPD, Kadis Dikbudpora serta Kepala Sekolah dan guru, guru diminta meningkatkan profesionalisme dan kualitas sebagai tenaga pendidik.

“Bila cita-citamu belum tercapai dalam mewujudkan dunia pendidikan di Kabupaten Bima ini lebih maju, maka segeralah memacu semangat untuk memoles metode-metode baru,” pesannya.

Dia berharap, harus ada peningkatan profesionalisme guru. Baik menyangkut sikap mental dan komitmen para guru, agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Kita harus memiliki target manegemen pendidikan yang sejalan dengan kemajuan era sekarang. Makanya guru harus membaca peluang untuk mengasah kemampuan belajar siswa,” ujarnya.

Kata dia, diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat. Tujuannya,  untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, tugas guru menanamkan nilai dasar pengembangan peserta didik,” pungkasnya. (MAN)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wabup Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd menekankan pentingnya pimpinan unit kerja tanggap terhadap aspirasi  terkait pelayanan publik. “Pimpinan OPD harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M.Noer mengatakan, suksesnya pemerintahan itu berawal dari pelayanan yang baik dan tidak boleh ada diskriminasi. Apalagi ...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Peserta Kampus Mengajar Angkatan 2 menggelar HUT ke-76 PGRI dan Guru, Jumat (27/11/2021) di SDN Inpres Kawae, KecamatanWawo, Kabupaten Bima. Meski diguyur...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, ajak masyarakat Kabupaten Bima untuk mewujudkan Bima Ramah jilid II dengan membentuk karakter...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima memeringati Hari Guru, Senin (25/11). Upacara peringatan berlangsung di halaman Kantor Pemkot Bima dan diikuti seluruh Aparatur...