Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Guru Jangan Ubah Cita-Cita jadi Pendidik, tapi…

Drs H Dahlan M Nor, MPd

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM, Noer, MPd berpesan kepada guru, agar tidak mengubah cita-cita sebagai pendidik, tapi ubah metode pembelajaran.

“Bila guru ingin memajukan sistem pendidikan melalui peserta didik, tidak ada yang perlu diubah, bahkan cita-cita jangan sampai diubah, tapi ubahlah cara atau metode pembelajaran,”  ujar Wabup usai upacara HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN), tingkat Kabupaten Bima, di halaman Kantor Bupati Bima, Senin (26/11).

Upacara yang dihadiri Bupati Bima, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kabag, Unsur FKPD, Kadis Dikbudpora serta Kepala Sekolah dan guru, guru diminta meningkatkan profesionalisme dan kualitas sebagai tenaga pendidik.

“Bila cita-citamu belum tercapai dalam mewujudkan dunia pendidikan di Kabupaten Bima ini lebih maju, maka segeralah memacu semangat untuk memoles metode-metode baru,” pesannya.

Dia berharap, harus ada peningkatan profesionalisme guru. Baik menyangkut sikap mental dan komitmen para guru, agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita harus memiliki target manegemen pendidikan yang sejalan dengan kemajuan era sekarang. Makanya guru harus membaca peluang untuk mengasah kemampuan belajar siswa,” ujarnya.

Kata dia, diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat. Tujuannya,  untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.

“Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, tugas guru menanamkan nilai dasar pengembangan peserta didik,” pungkasnya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Hari Guru Nasional harus menjadi sarana dalam mengapresiasi, semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi antar sesama guru. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bima dan Kota Bima, menggelar Upacara memperingati HUT...

Pendidikan

MATARAM, Bimakini.- Anggota DPR RI H Rachmat Hidayat menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih tiada henti untuk seluruh guru di Bumi Gora....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wabup Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd menekankan pentingnya pimpinan unit kerja tanggap terhadap aspirasi  terkait pelayanan publik. “Pimpinan OPD harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M.Noer mengatakan, suksesnya pemerintahan itu berawal dari pelayanan yang baik dan tidak boleh ada diskriminasi. Apalagi ...