Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Kasus OTT UPT Dikpora Bolo, Tunggu Hasil Pemeriksaan BPKP

AKBP Bagus S Wibowo, SH, SIK

Bima, Bimakini.- Seperti apa perkembangan kasus operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan tim saber pungli Kabupaten Bima, terhadap KUPT dan Bendahara Dikpora Bolo? Rupayan berkas kasus tersebut telah diarahkan ke BPKP Mataram untuk pemeriksaan ada tidaknya kerugian Negara.

“Kami masih menunggu hasil hitungan BPKP, terkait ada dan tidaknya kerugian negara terhadap kasus OTT KUPT Dikpora Kecamatan Bolo, Kabulaten Bima,” jelas Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo, SH, SIK, kepada Bimakini.com diruang kerjanya, Sabtu (24/11).

Kata dia, sebelum ditahap-1-kan, penyidik merampungkan dokumen dengan membawakan berkas perkara tersebut ke BPKP Mataram. Tujuannya untuk dihitung kerugian negara atas perbuatan pungutan liar.

“Setelah hasil itu diterima penyidik, bila hasilnya ditemukam ada kerugian Negara, maka kasus itu akan dinaikkan ke tahap 1,” jelas dia.

Dijelaskannya, berdasarkan isi dokumen perkara yang didapatkan dari keterangan sejumlah saksi, terduga pelaku melakukan penarikan sebesar Rp50 ribu, bukan per siswa.

“Dana yang ditarik itu bersumber dari dana BOS, dihitung per siswa SD di Kecamatan Bolo yang melaksanakan try out,” kata dia.

Dana yang sudah terkumpul itu untuk kebutuhan kegiatan try out. Rincian Rp20 ribu untuk operasional Kepala UPT dan Rp30 ribu untuk penggandaan soal.

“Penarikan itu atas perintah Kepala UPT terhadap salah satu stafnya, dan mewajibkan setiap sekolah untuk mengumpulkan uang 50 ribu per siswa yang melaksanakan kegiatan try out,” ujarnya.

Belum ditetapkannya tersangka, kata dia, karena penyidik mengedepankan unsur kehati-hatian. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Berkas kasus dugaan korupsi mantan Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima, Hj  Jubaidah dinyatakan lengkap atau P21. Sebelumnya berkas kasus dugaan korupsi pungli...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) dugaan pungli anggaran Try Out Ujian Nasional yang dilakukan oleh tim Saber Pungli di UPT Dikbudpora Kecamatan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kasus pungli atau pungutan liar dan korupsi cukup rentan dengan para pemangku jabatan. Terlebih, kepada para kepala desa dan camat yang menerima...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, menegaskan tidak bisa menginterfensi proses hukum atas dugaan korupsi kasus pungutan liar...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Setelah penyidik Polres Bima melakukan berbagai tahapan penyidikan untuk mengungkapan kasus dugaan korupsi try out SD di UPT Dikpora Kecamatan Bolo, Kabupaten...