Peristiwa

Alumni MAN I Bima Hijaukan di So Doro Landoli

Bima, Bimakini.- Siswi dan Alumni MAN I Bima Tahun 2013 melakukan reboisasi di So Doro Lendoli, Desa Kara, Kecamatan Bolo, Ahad (2/12). Tujuannya untuk menghijaukan kembali lahan yang sudah rusak.

Ketua Alumni 2013 MAN I Bima, Ryan Fiqhi SH, mengatakan, kegiatan reboisasi tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap gundulnya gunung yang ada di beberapa titik di Kecamatan Bolo. Apalagi  berimbas terjadinya kekeringan sumber mata air.

“Dulu sumber mata air sangat banyak. Pasca aktivitas perladangan liar yang dilakukan sejumlah warga, kini hanya cerita yang tiada akhirnya,” ujarnya.

Kata Ryan, reboisasi yang dilakukan saat ini murni sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi hutan yang telah hancur akibat ulah tangan jahil oknum yang tidak bertanggungjawab. “Mestinya hutan dijaga dengan baik. Karena dampak negatif kerusakan hutan akan berakibat fatal terhadap kelangsungan hidup kita semua, seperti munculnya bahaya erosi dan lainnya,” terangnya.

Menyusul kejadian itu, kata Ryan, Alumni 2013 yang dibantu oleh anggota Pramuka MAN I Bima bersama unsur lainnya melakukan penghijauan secara perdana di So Doro Landoli watasan Desa Kara. Yakni membawa sekitar 1000 bibit pohon khusus ditanam di Doro Landoli sebagai pembuka jalan sekaligus nawaitu untuk mengembalikan hutan agar rimbun seperti sedia kala.

“Sekitar 1000 bibit pohon kita bawa sekaligus ditanam di Doro Landoli. Antara lain bibit pohon nangka, jati, asam serta sengon,” tutur dia.

Rencana reboisasi yang digaungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima beberapa waktu yang lalu belum kunjung direalisasi. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 831
    Shares
To Top