Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Amankan Pilkades, Polres Bima Kota Turunkan 2/3 Personel

AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima, Kepolisian Resort Bima Kota melakukan persiapan dengan cukup maksimal. Mulai dari sarana prasarana, hingga pembagian personel pengamanan di beberapa lokasi pemilihan.

Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, SIK, MH, mengatakan, sarana dan prasarana, semua kendaraan untuk mobile, sudah dilakukan perbaikan. Kemudian, alat khusus Dalmas, sudah dipersiapkan dan sudah diajukan penambahan ke Polda NTB.

Sementara untuk jumlah personel yang diturunkan menurut Erwin, sekitar 2/3 kekuatan Polres Bima Kota dan jajaran. Bahkan menurutnya, Polres Bima Kota mendapat backup personel dari Brimob Den A Bima satu pleton. Rencananya, personel Brimob tersebut akan ditempatkan di Kecamatan Sape.

Dari tujuh kecamatan di Kabupaten Bima yang masuk wilayah hukum Polres Bima Kota, hanya Kecamatan Ambalawi yang tidak melaksanakan Pilkades. Dengan jumlah desa yang melaksanakan Pilkades sebanyak 23 desa.

“Untuk desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades, kami sudah melakukan kunjungan dan menemui tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh pemuda. Kami berikan imbauan, untuk sama-sama menjaga  pelaksanaan Pilkades, agar semuanya berjalan aman, sejuk, damai dan tertib,” tuturnya.

Ditambahkannya, secara preentif, tugas Bhabinkamtibmas dimaksimalkan. Sementara untuk preventif, patroli rutin mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terus dilakukan.

“Seperti melakukan razia terhadap masyarakat yang membawa Sajam dan juga Miras. Kami juga melarang adanya kegiatan orgen tunggal malam hari,” tegasnya.

Kapolres Bima Kota memgimbau seluruh masyarakat, walaupun berbeda pilihan, namun tetap menjaga hubungan silaturrahmi. Sementara untuk calon Kades, diingatkan untuk bersikap sportif, siap menang dan siap kalah. Sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Spanduk imbauan sudah kami sebar di tiap Polsek dan tempat-tempat strategis lain,” pungkasnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...