Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Danramil Bolo Ajak Warga Sukseskan Pilkades Serentak

Kapten. Inf. Ibrahim

Bima, Bimakini.-  Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Bolo, Kapten. Inf. Ibrahim mengajak warga untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak bergelombang yang akan dilaksanakan Kamis (20/12) mendatang. Ajakan tersebut disampaikan Danramil saat menyampaikan sambutan pada agenda penyampaian Visi dan Misi para kandidat Calon Kepala Desa (Cakades) Timu, Ahad (9/12).

Kata Danramil, pemaparan Visi dan Misi setiap kandidat Cakades merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Selain itu, Visi dan Misi merupakan dasar atau acuan bagi Cakades dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa (Kades) apabila terpilih. “Warga harus mendengarkan baik baik Visi dan Misi yang disampaikan Cakades. Karena semua yang disampaikannya harus diaktualisasikan saat menjabat Kades jika terpilih,” ujar Pria asal Kecamatan Woha itu.

Tidak sekedar didengar, mestinya warga harus mencatat semua Visi dan Misi yang disampaikan Cakades. Hal itu perlu dilakukan, jika dalam menjabat sebagai Kades pada saatnya nanti, lalu Kades terpilih tidak menjalankan sesuai Visi dan Misi, maka warga boleh menuntutnya. “Penyampaian Visi dan Misi bukan sekedar kegiatan seremoni. Tapi bagian dari agenda sakral harus diperhatikan secara seksama demi kemajuan desa itu sendiri,” jelasnya.

Dijelaskannya, usai pemaparan Visi dan Misi, masih banyak tahapan suksesi Pilkades yakni seperti tahapan kampanye dan lainnya. Nah kata dia, baik sebelum maupun pada saat puncak suksesi Pilkades, warga sangat diharapkan untuk menjaga Kamtibmas agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan sesuai harapan bersama.

“Kamtibmas adalah tanggungjawab bersama. Kalau kita bisa menjaga diri masing masing. Yakin saja semua masalah akan berjalan dengan baik,” pinta Ibrahim.

Ditegaskannya, karena momentum Pilkades merupakan pesta demokrasi rakyat, semua pihak diharapkan tidak mengintervensi satu sama lainnya. Karena kata Danramil, momentum ini adalah wujud nyata bagi rakyat untuk menyatakan sikap sesuai hati dan nurani masing masing.

Selain itu, kepada Panitia Pilkades diharapkan agar menjunjung tinggi aturan yang berlaku, jangan sampai muncul pro dan kontra terhadap salah satu Cakades sehingga tidak menutup kemungkinan terciptanya instabilitas wilayah sekaligus mengganggu proses suksesi Pilkades.

“Panitia Pilkades harus menunjukan netralitas serta penuh profesional dalam menjalankan tugas. Biarkan rakyat memilih sesuai hati dan nurani. Sehingga Kades terpilih nantinya, betul betul berdasarkan pilihan rakyat yang mempunyai kredibilitas tinggi,” ungkap Danramil.

Terakhir disampaikan Danramil, perbedaan pilihan adalah hal yang lumrah setiap momentum seperti ini. Sebaiknya warga mengambil sisi positifnya yakni jadikan momentum ini sebagai wahana untuk menjalin silaturahim bukan untuk mencari lawan atau musuh. “Suksesi Pilkades adalah pesta demokrasi bagi rakyat. Mari kita ambil hikmahnya dan buang jauh jauh sisi negatifnya,” tutup Danramil Bolo. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...