Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dompu, Kabupaten yang tidak Informatif di NTB

Ir H Fakhrudin, MSi

Dompu, Bimakini.- Kabupaten Dompu dinilai Kabupaten yang tidak informatif  oleh Komisi Informasi Publik NTB. Bahkan baru-baru ini  mereka mengeluarkan hasil skoring Monev tahun 2018 terhadap Badan Publik Pemerintah Kabupaten/ Kota di NTB.

Kabupaten Dompu menempati urutan terakhir dari 10 Kabupaten Kota se-NTB dalam hal pelayanan publik atau Keterbukaan Informasi Publik. “Memang kami dianggap sebagai Kabupaten yang tidak informatif di NTB,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir  H Fakhrudin, MSi, Kamis (6/12).

Namun Kepala Pejabat Pelayanan Informasi Daerah (PPID) Utama Dompu ini juga mengaku tidak memahami cara penilaian dan  skoring yang diberikan KIP NTB. Kendati diakuinya sebagai Pimpinan Kominfo Kabupaten Dompu, sudah semakisimal mungkin menjalankan fungsi  sesuai dengan tupoksi. “Kami akui ada beberapa kendala yang dihadapi dinas baru ini,” katanya seraya memaparkan seperti masalah Dana, SDM dan sarana dan prasarana yang masih kurang.

Tapi tambah Fakhrudin, sejak berpisah dengan Dishubtel pihaknya tetap melayani informasi publik. PPID telah melaksanakan aturan yang berlaku atau sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kami juga tidak tahu dinilai Kabupaten yang tidak informatif ,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, diduganya karena beberapa faktor, seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai bidang. Minimnya sarana dan prasarana terutama ruangan khusus dan yang paling utama adalah kurang diprioritaskannya anggaran untuk PPID.

“Tapi Insya Allah skoring itu kita jadikan pemacu dan motifasi ,” janjinya seraya mengakui dalam waktu dekat akan mengajukan surat ke BKD Dompu untuk meminta 4 tenaga IT.

Adapun hasil skorsing yang dikeluarkan  KIP NTB  terhadap Badan Pelayanan Publik adalah yakni Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Daerah yang cukup informatif adalah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Demikian juga untuk Daerah yang kurang informatif adalah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Besar dan Kabupaten Lombok Tengah. Sementara Daerah yang tidak informatif adalah Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Dompu. (JUN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis internet, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, meminta kepada setiap SKPD untuk memiliki Website. “Kami akan...