Pemerintahan

Pejabat Pemkab Bima Diajari Melek Teknologi Informasi

Bima, Bimakini.- Bimbingan Teknis Tata Kelola Teknologi Informasi dan Media Sosial dengan Tema “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Informasi Publik Berbasis Teknologi Informasi Menuju Bima RAMAH” berlangsung Selasa (4/12) di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima. Bimbingan teknis tersebut dibuka oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE.

Para peserta mendapatkan materi tata kelola informasi berbasis elektronik dan media sosial dari  Fairuz  Abadi dari Diskominfotik Provinsi NTB.

Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, H Abdul Wahab Usman,  SH,  MSi  memaparkan Kebijakan Tata Kelola Informasi Publik, Teknik Menulis di Media Sosial dan Media Online oleh Hadi Santoso ST,  MM (Wirausaha). Topik lainnya adalah Pengelolaan Website,  email dan Pengenalan Aplikasi Kominfo  oleh Anwar ST,  MT dan Pengelolaan Aplikasi Administrasi Maya atau SiMAYA oleh  Muhammad Irfan,  ST,  M.Eng.

Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, H Abdul Wahab Usman,  SH,  MSi  mengatakan,  Bimtek ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pejabat dalam mengelola tugas-tugas khususnya di bidang teknologi informasi. Untuk kedepan, tidak lagi menerapkan surat-menyurat  manual, tapi  harus menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi.

“Kedepan terkait surat menyurat tidak lagi secara manual. Tapi semua berbasis teknologi,”

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE di hadapan para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Kabag lingkup Sekretariat Daerah yang menjadi peserta Bimtek mengatakan, banyak tugas kedinasan yang menjadi terhambat akibat sulitnya berkoordinasi akibat tidak memanfaatkan secara optimal teknologi informasi dan media sosial.

Oleh karena itu, kata Bupati, bimbingan teknis ini harus bisa membawa perubahan dalam keterampilan dalam melakukan koordinasi dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi yang ada.

Bupati juga mengimbau kepada jajaran pemerintah daerah untuk bijak menggunakan media sosial. “Silakan gunakan media sosial tetapi konten yang ditampilkan harus bijak dan mencerminkan citra ASN,” pintanya.

Peserta selanjutnya mendengarkan materi berkaitan dengan tata kelola informasi dan aplikasi berbasis android serta  pemanfaatan media sosial yang disampaikan oleh Diskominfotik Provinsi NTB. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 8
    Shares
To Top