Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Pengaruh Kopi Terhadap Generasi Milenial

Oleh: Fika Septiandari

Percayakah anda, kopi sachet yang biasa akan biasa di minum itu berasa dari kopi berkualitas rendah? Coba perhatikan baik-baik !

ilustrasi

Harga normal biji kopi robusta berkualitas baik, dan sudah disangrai, di jual di Indonesia berkisar  Rp. 45.000 per 250 gram. Coba di bandingkan dengan kapal kobong..! kalian bisa menebus 250 gram bubuk kopi Robusta Cap Kpal Kobong hanya dengan Rp.9000. Perusahaan-perusahaan kopi sachet pun mengakalinya dengan cara menggunakan biji berkualitas dengan cara menggunakan biji berkualitas rendah atau bahkan menggunakan biji yang tidak lolos sortir ekspor untuk menekan biaya produksinya.

Meminum kopi sudah menjadi sebagian gaya hidup seseorang. Gaya hidup anak zaman sekarang atau kita sebut anak zaman milenial dimana seseorang memiliki karakteristik yang berbeda sekaligus menantang. Karena sikap yang seperti itu bisa dilihat dari pergaulan dan juga pengaruh teman yang sehingga membuat anak sekarang itu berbeda.

Bila kita bicara gaya hidup anak milenial maka tak lepas dari keuangan setiap harinya.banyak sekali contoh yang kita baca mengenai anak milenial zaman sekarang menujukkan bahwa anak usia 20 tahun sampai 35 tahun itu memiliki kebiasaan hidup yang boros dalam menggunakan uang. Bukan untuk kepentingan yang penting justru untuk shoping,nongkrong dll. gaya hidup yang seperti itu menyebabkan anak milenial selalu kesulitan dalam menyisihkan uang untuk tabungan masa depan. Sehingga menjadi penyebab utama anak tersebut hidup boros dan sulit untuk memanage waktunya untuk belajar.

Meski kopi telah terbukti bahwa mengandung stimulan dan baik untuk kesehatan tapi yang cenderung bahaya budaya ngopi yang melewati batas konsumtif harus diwaspadai. Ternyata dilihat dari segi gaya hidup anak zaman sekrang ini jauh lebih mementingkan kopi daripada menabung. Kopi milenial hadir dalam menawarkan cita rasa kopi yang sesuai tren kondisi saat ini. biji kopi sesuai cita rasa yang disukai generasi muda. Kopi milenial bisa memberikan solusi untuk generasi muda pecinta kopi dan merasakan cita rasa kopi dari berbagai rasa yang berbeda. Sehingga menumbuhkan generasi milenial berfikir kritis untuk menciptakan dunia bisnis dalam dunia kopi ini. Dengan cara bekerjasama dengan petani kopi yang mempunyai kebun kopi sangat luas dan sudah terkenal dengan produksi kopi yang berkualitas akan memberikan keuntungan bagi produksi kopi maupun konsumen kopi. Dengan berkembangnya bisnis tersebut bisa menjadikan generasi milenial sukses di usia muda untuk mencari keuntungan yang sangat besar

Di dalam sistem penjualan kopi tersebut kita harus pandai bergulet dalam bidang sosial media maupun bersaing dengan eksport import. Dan juga disertai dengan promosi-promosi yang bisa menarik pelanggan sehingga bisnis kopi tersebut berkembang.sistem  pemasaran di berbagai wilayah sehingga kopi tersebut di kenal orang-orang dan juga msayarakat yang luas. generasi milenial harus pandai dalam menciptakan aset lapangan pekerjaan tidak cuman menghabiskan uang begitu saja karena di era milenial ini generasi muda di tuntut untuk berpikir yang kritis dan menumbuhkan ide-ide yang cemerlang.

Kopi memang buka sekedar minuman biasa, karena memiliki nilai sosial yang luar biasa. Bisa membuat orang berimajinasi dan juga mendampingi obrolan-obrolan di sore hari. Sampai identik dengan kesempatan sosialisasi dengan banyak orang. Nilai positif yang dapat kita ambil dari mengonsumsi kopi yaitu bisa menciptakan suasana hati tanang, menumbuhka ide-ide memulai bisnis muda, lingkungan sekitar cafe yang menciptakan budaya positif seperti nongkrong untuk rapat membahas tugas ataupun nongkrong untuk membahas tentang kegiatan kampus.Dengan adanya dukungan seperti ini untuk menciptakan generasi milenial ini agar bisa mengatur waktu dengan baik dan juga pola pikir untuk hidup hemat karena zaman sekarang mencari uang itu sangat susah dan anak zaman sekarang itu yang di cari hanyalah uang- uang dan uang. Padahal itu semua membuat genersi muda kita tidak kreatif. Tumbuh kan jiwa pemikiran di dunia bisnis muda sehingga dapat memacu kita untuk semangat dalam hal belajar.

Hal negatif dari mengkonsumsi kopi telah dibuktikan meminum secangkir kopi dalam 1 hari kita mengkonsumsi mengandung kafein yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Meminum kopi secara berlebih dari dua cangkir kopi setiap hari bisa menyebabkan penyakit jantung dan peningkatan ringan kadar kolestrol beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang berlebih juga dapat disebabkan insomnia, gugup, gelisah, mudah marah.

Generasi milenial masih berpola pikir ngikuti perkembangan zaman sekarang sehingga indonesia ini sangat lemah dalam hal apapun . seharusnya generasi milenial ini mempunyai inisiatif yang berkreatif dan inovatif demi membangun kemajuan bangsa indonesia saat ini siapa lagi kalau bukan kita agar Indonesia menjadi negara yang maju dan berkembang. Juga dalam bidang teknologi indonesia sangat tertinggal jauh dengan negara lain karena Indonesia masih mengandalkan barang ekspor dan inport jadi pola pikir manusia indosia masih tergantung dengan negara lain.

Generasi milenial sebagai panutan untuk generasi yang selanjutnya karena masih banyak generasi milenial yang bergantung dengan orang tua yang berpenghasilan pas-pas an . sehingga orang tua berkeluh kesah merasakan anak nya yang sudah kecanduan dengan kopi. Karena orang tua berharap anaknya menjadi sosok panutan anak yang berkebribadian baik dan mempunyai masa depan yang cerah.

Generasi milenial harus mempunyai pikiran kedepan untuk membuat bisnis coffe kopi bukan hanya sekedar nongkrong aja ciptakan lapangan pekerjaan yang membuat milenial terbangun untuk di dinia bisnis. Memang sulit saat pertama kali kita memulai di dunia bisnis itu merupakan awal dari kita menuju sukses usaha dari kecil hingga menjadi besar karena orang bisa terkenal dimulai dari kecil dulu hingga menjadi terkenal. Karena usaha bisa terkenal dengan kemenarikan yang kita ciptakan. Dan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. zaman sekarang ini yang mengunjungi mayoritas dari mahasiswa  dan kalngan remaja sehingga kita harus berpikir keedepannya kita harus mempromotkan usaha  kopi melalui media sosial yang sangat mendukung untuk mengapresiasikan bisnis kopi sehingga di kenal oleh kalangan mahasiswa,masyarakat dan juga orang luar pun ingin berkunjung ke tempat itu.

Ciptakan suatu lapangan pekerjaan yang menguntungkan bagi diri kita sendiri maupun orang lain sehingga kita bisa memetik hasilnya bersama-sama. Dan jangan lupa raihlah mimpimu setinggi langit untuk menciptakan sebuah impian mu yang akan membawamu menuju sukses di usia muda. (*)

Penulis adalah Mahasiswa Prodi Manajemen UMM

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Hasil hutan bukan kayu (HBK) seperti hasil tanaman kopi yang dikelola warga  pada hutan tutupan Negara di Dusun Kawae Desa Maria Utara Kecamatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Kamis (9/3/2017) memantapkan persialan untuk pelaksanaan event Bike Camp dan Trabas jelajah Tambora. Persiapan kegiatan itu dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.-  Keterlambatan Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bima mengirim beras dan gaji karyawan kebun kopi Tambora yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan, direaksi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.-  Puluhan pegawai kontrak  yang dipekerjakan di perkebunan Kopi Tambora kini merana. Selama dua bulan belum mendapatkan gaji dan beras  jatah dari Dinas...

Ekonomi

Bima, Bimakini.com.-Petani kopi di Kecamatan Tambora Kabupaten Bima dan Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, sekareng tersenyum lega. Dalam beberapa pekan terakhir, harga jual biji kopi...