Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Penghijauan Ramai, Stok Bibit Pohon Mapala Londa Diserbu

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala Londa) STKIP Bima, salah satu organisasi yang berorientasi pada kelestarian lingkungan. Untuk mendukung kegiatan utama penghijauan, setiap tahunnya UKM tersebut intens melakukan pembibitan.

Awal musim hujan, stok bibit habis karena banyaknya permintaan mitra kerja.  “Dua bulan terakhir kami rutin menerima surat masuk dari komunitas dan instansi baik dari Kota maupun Kabupaten Bima, perihal permohonan bantuan bibit pohon,” jelas Ketua Mapala Londa STKIP Bima, Jamaluddin, Jumat (28/12).

Pihaknya tidak hanya melakukan kegiatan naik turun gunung dan napak tilas saja, namun melalukan pelestarian lingkungan.

“Setiap tahun kami melakukan pembibitan pohon di areal Kampus, melalui program Devisi Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH), bibit tersebut untuk kegiatan penghijauan di wilayah hulu yang hutannya gundul,” kata mahasiswa semester VII ini.

Kata dia, pembibitan pohon selama ini siap ditanam. Bibit ini bukan hasil persemaian, namun pencangkokan pohon yang sudah ditanam sebelumnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tahun ini kami melakukan pembibitan pohon Beringin, Pohon Asam, Cemara Glodok, Ketapak dan Mahoni, Alhamdulillah kami bisa menghasilkan 200 pohon untuk persediaan awal musim hujan ini,” ujarnya.

Kata dia, 200 bibit pohon itu sudah  diserahkan pada beberapa komunitas dan instansi. “Kami sudah memberikan bantuan bibit kepada Mahasiswa Program Studi Matemati STKIP Bima, Masyarakat Karumbu, Komunitas Jenewa Wera, Komunitas Kapak, saat ini kami sudah kehabisan stok untuk pembibitan tahap pertama,” sebutnya.

Dia mengapresiasi tingginya kepedulian masyarakat dan komunitas untuk melakukan penghijauan saat musim hujan seperti ini. Sebenarnya, Mapala Londa bukan instansi penyedia bibit pohon untuk penghijauan bagi pihak lain.

“Sebenarnya pembibitan kami hanya untuk kegiatan rutinnya kami, tapi karena tujuannya satu, yaitu bagaimana menyelamatkan lingkungan, kami juga akan membantu kegiatan yang sama,” ujarnya.  (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mencanangkan Pekan Penanaman dan Reboisasi hutan di Kota Bima. Pencanangan dilakukan di areal Perhutanan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah komunitas di Kota Bima, kembali menggalakkan penghijauan. Kali ini menanam jenis pohon buah-buahan  di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Kegiatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke- LV (55) periode Juni-Agustus tahun 2021 di Kelurahan Penanae, Kecamatan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kawasan hutan penyangga air. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Young Healthy Care (YHC) juga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memajukan usaha peternakan sekaligus penghijauan, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, bersama Dandim 1608, Kapolres Bima-kota,   menanam pohon Lamtoro...