Peristiwa

Rumah Diterjang Banjir Lumpur, Warga Dara Sesalkan Pembukaan Jalan di Gunung

Warga saat membersihkan material yang dibawa banjir di dalam rumah.

Kota Bima,  Bimakini.- Akibat pembuatan jalan di kawasan gunung selatan kuburan raja,  Rumah warga di RT 06 dan 07/ RW 03, Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima dilanda banjir lumpur. Padahal dua RT ini sebelumnya, tidak pernah mengalami banjir dari pegunungan.

Hal itu terjadi Senin (3/12) sore saat hujan deras di Kota Bima. Bahkan, bukan banjir dan lumpur, namun membawa material batuan dari pegunungan di timur pemukiman warga.

Pantauan Bimakini.com,  Selasa (4/12) pagi, warga masih berjibaku membersihkan lumpur dan batu di dalam rumah dan gang pemukiman akibat banjir terjadi Senin sore.

“Ini akibat pembuatan jalan di atas gunung dari Dan Traha tembus Sonco Tengge,  imbasnya ke pemukiman warga,” ujar H M Sidik Ridwan, sambil menunjuk proyek pembuatan jalan persis di bagian atas pemukiman.

Dikatakannya, jalan dibuat di lereng pegunungan.  Sisa materialnya dibuang ke arah pemukiman warga.  Saat hujan deras, terbawa air bersama batu dan lumpur ke dalam rumah warga.

“Di rumah saya saja setinggi lutut,  yang parahnya bukan air saja tetapi batuan dan lumpur,” kesalnya.

Seharusnya, sebelum proyek dikerjakan,  direncanakan dengan baik.  Termasuk imbasnya bagi warga,  apalagi tidak ada saluran drainasenya.  “Itulah kenapa kemudian akhirnya air menerobos masuk ke pemukiman,” katanya.

“Lihat saja,  drainase sudah tertutup lumpur,  belum lagi di dalam rumah-rumah warga  dan pemerintah harus segera memperhatikan dan carikan solusi agar besok-besok tidak terjadi lagi,” imbuhnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 110
    Shares
To Top