Pendidikan

Tambilkan Ragam Inovasi Pembelajaran, Stand Kabupaten Bima Ramai Dikunjungi

Senior Strategic Advisor INOVASI, Prof Fasli Jalal, saat mendapat penjelasan dari Guru SDN Sarikalampa, Kecamatan Woha, Ervina, tentang KOBAKA.

Mataram, Bimakini.- Temu INOVASI se-NTB di Hotel Lombok Raya, Selasa (18/12/2018) diisi juga dengan pameran hasil inovasi pembelajaran guru se Kabupaten/Kota. Salah satunya, stand INOVASI Kabupaten Bima banyak dikunjungi.

Sejumlah alat peraga pembelajaran, baik literasi dan numerasi di pajang. Sejumlah pengunjung pun tertarik untuk mengetahui dan mencobanya.

Seperti Senior Strategic Advisor INOVASI, Prof Fasli Jalal yang menanyakan satu per satu alat pembelajaran hasil inovasi guru Kabupaten Bima. Salah satu yang dicobanya adalah DOKTER (Doku Literasi dan Numerasi), karya Ervina, Guru SDN Sarikalampa, Kecamatan Woha didampingi Kabid Dikdas, Hj Jubaidah, MPd.

Media pembelajaran DOKTER ini, tidak hanya untuk literasi, namun juga numerasi. Bisa digunakan untuk kelas dasar, mulai 1 hingga 3. Alat pembelajaran ini memanfaatkan tutup botol air mineral.

Prof Fasli Jalal juga sempat mencoba Ular Tangga untuk Numerasi (ULTRAMEN). Cara bermainnya menggunakan dadu, seperti halnya bermain ular tangga.

Ada juga baling-baling SPOK, karya guru SDN Inpres Kalampa 1, Siti Rahma. Ini gunakan untuk kelas 3 dan 4, karena digunakan untuk menentukan subyek, obyek dan keterangan. Cara bermainnya, siswa memutar jarum jam yang akan mengerahkan ke subyek, obyek dan keterangan. Namun, sebelumnya siswa mengambil gambar. Dari gambar itu, siswa akan menentukan mana subyek, obyek dan keterangannya.

Ada juga KERAMAT singkatan dari Kerak Telur Matematika. Media ini untuk memecahkan masalah siswa kelas 3 hingga 6. Tujuannya, agar siswa mudah memahami tentang kelipatan, faktor, KPK, FPB. Dengan menggunakan media ini, siswa bersemangat dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan nilai.

Selain itu, ada juga Bambu Perkalian (BAPER), Mata Keret (Matematik Angka Coret), BINTANG Mbojo (Kebun binatang dengan nama-nama Bima), dan lainnya.

Beberapa daerah lain yang juga standnya ramai dikunjungi, sepeti Sumbawa, Lombok, Dompu, Kota Bima. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 3
    Shares
To Top