Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Tambilkan Ragam Inovasi Pembelajaran, Stand Kabupaten Bima Ramai Dikunjungi

Senior Strategic Advisor INOVASI, Prof Fasli Jalal, saat mendapat penjelasan dari Guru SDN Sarikalampa, Kecamatan Woha, Ervina, tentang KOBAKA.

Mataram, Bimakini.- Temu INOVASI se-NTB di Hotel Lombok Raya, Selasa (18/12/2018) diisi juga dengan pameran hasil inovasi pembelajaran guru se Kabupaten/Kota. Salah satunya, stand INOVASI Kabupaten Bima banyak dikunjungi.

Sejumlah alat peraga pembelajaran, baik literasi dan numerasi di pajang. Sejumlah pengunjung pun tertarik untuk mengetahui dan mencobanya.

Seperti Senior Strategic Advisor INOVASI, Prof Fasli Jalal yang menanyakan satu per satu alat pembelajaran hasil inovasi guru Kabupaten Bima. Salah satu yang dicobanya adalah DOKTER (Doku Literasi dan Numerasi), karya Ervina, Guru SDN Sarikalampa, Kecamatan Woha didampingi Kabid Dikdas, Hj Jubaidah, MPd.

Media pembelajaran DOKTER ini, tidak hanya untuk literasi, namun juga numerasi. Bisa digunakan untuk kelas dasar, mulai 1 hingga 3. Alat pembelajaran ini memanfaatkan tutup botol air mineral.

Prof Fasli Jalal juga sempat mencoba Ular Tangga untuk Numerasi (ULTRAMEN). Cara bermainnya menggunakan dadu, seperti halnya bermain ular tangga.

Ada juga baling-baling SPOK, karya guru SDN Inpres Kalampa 1, Siti Rahma. Ini gunakan untuk kelas 3 dan 4, karena digunakan untuk menentukan subyek, obyek dan keterangan. Cara bermainnya, siswa memutar jarum jam yang akan mengerahkan ke subyek, obyek dan keterangan. Namun, sebelumnya siswa mengambil gambar. Dari gambar itu, siswa akan menentukan mana subyek, obyek dan keterangannya.

Ada juga KERAMAT singkatan dari Kerak Telur Matematika. Media ini untuk memecahkan masalah siswa kelas 3 hingga 6. Tujuannya, agar siswa mudah memahami tentang kelipatan, faktor, KPK, FPB. Dengan menggunakan media ini, siswa bersemangat dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan nilai.

Selain itu, ada juga Bambu Perkalian (BAPER), Mata Keret (Matematik Angka Coret), BINTANG Mbojo (Kebun binatang dengan nama-nama Bima), dan lainnya.

Beberapa daerah lain yang juga standnya ramai dikunjungi, sepeti Sumbawa, Lombok, Dompu, Kota Bima. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI Fase II, memfasilitasi kegiatan refleksi hasil ujicoba instrumen supervisi pembelajaran yang berfokus pada siswa. Kegiatan refleksi ini diikuti oleh Pengawas...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Rupanya, implementasi  Teaching at the Right Level (TaRL)  dan ujicoba Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kabupaten Bima menjadi sorotan Nasional. Pasalnya, Kabupaten...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Tim Monev Program INOVASI berkunjung SDN 01 Sari Desa Sari, Kecamatan Sape dan ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sari, Rabu 2 November 2022....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Program INOVASI yang merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia dibidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi secara inklusif.Tim INOVASI...