Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

2019, Lima Perpustakaan Desa akan Difasilitasi

Bima, Bimakini.- Tahun ini, akan hadir lima perpustakaan desa di Kabupaten Bima. Perpustakaan desa tersebut akan difungsikan sebagai pusat belajar masyarakat, dilengkapi dengan buku dan juga jaringan internet.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs H Muh Mawardi MT menjelaskan, Perpustakaan akan dimanfaatkan tidak hanya sebagai tempat membaca. Tapi akan dijadikan sebagai tempat untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

“Intinya, bagaimana masyarakat memanfaatkan teknologi informasi,” jelasnya, Kamis (17/1).

Lanjutnya, untuk lima desa tersebut, saat ini sedang dilakukan survei. Syarat utamanya, sudah memiliki jaringan listrik dan internet. Karena akan ada fasilitas komputer yang diberikan oleh Perpusnas.

“Salah satu desa yang sudah positif adalah Desa Teke Kecamatan Palibelo. Karena tahun 2018 kemarin, mereka menjadi desa contoh, dari 191 desa di Kabupaten Bima, Desa Teke mampu membangun Perpustakaan dengan APBDes,” bebernya.

Ditambahkan Kabid Perpustakaan, Basyirun, SPd, MPd menyampaikan, Perpustakaan Desa diharapkan bisa digunakan dengan maksimal untuk literasi. Masyarakat bisa berkegiatan di Perpustakaan Desa untuk semua kegiatan, terutama yg menyangkut kesejahteraan masyarakat.

“Minimal sebagai tempat pelatihan. Kehadiran Perpustakaan Desa ini harus didukung oleh desa,” pungkasnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait