Peristiwa

Cuaca Buruk, Kapal Kalebi Kandas

Lombok, Bimakini.- Kapal KMP Kalebi rute Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, menuju Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat milik Jembatan Nusantara dilaporkan kandas di dekat Pelabuhan Kayangan, Kamis (3/1) sekitar pukul 13.00 Wita.

Kepala ASDP Pelabuhan Kayangan, Cuk Prayitno menjelaskan, tindakan penanganan sedang dilakukan pihaknya mulai dari ASDP, Syahbandar, SAR, Polsek, perwakilan Dishub di lokasi. Bahkan proses penanganan saat ini dilakukan dalam kondisi cuaca hujan lebat.

“Kami bersama dengan Syahbandar, SAR, Polsek, perwakilan Dishub sedang mengupayakan tindakan penanganannya, baik terhadap penumpangnya dan kapalnya, mudah-mudahan lancar hingga prosesnya segera teratasi,” katanya.

Kapal yang akan berangkat menuju pelabuhan Poto Tano tersebut mengambil jalur putar yang terlalu lebar untuk menghindari kapal lain yang akan berlabuh di Pelabuhan Kayangan. Juga ditambah dengan cuaca yang kurang menentu.

Prayitno menyebutkan, evakuasi dilakukan agar penumpang tidak terlalu lama menunggu di atas kapal, sementara kapal berusaha ditarik dari tumpukan pasir tempatnya kandas. Dia menyampaikan tidak ada kebocoran apapun pada kapal.

Disatu sisi, Humas SAR Mataram, I Gusti Lanang Siswananda menuturkan penumpang sudah di evakuasi oleh kapal dari perusahaan PT Jembatan Nusantara. Sementara kondisi masih aman.

“Semua penumpang sudah dievakuasi ke pelabuhan kayangan dengan selamat,” terangnya.

Kapal Kalebi diketahui memuat sedikitnya dua puluh enam orang penumpang pejalan kaki berikut juga ada nakhoda kapal, juga penumpang barang. Antara lain seperti tiga unit truk mini, kendaraan kecil sebanyak enam unit, truk sedang sebanyak empat unit, satu unit bus sedang, dua bus berukuran besar, satu unit truk dan 32 unit sepeda motor. (IQO)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 351
    Shares
To Top