Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dewan Minta Pemkot Sigap Atas Potensi Tsunami Teluk Bima

Ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Munculnya nama enam kelurahan di Kota Bima dalam zona daerah berpotensi bencana tsunami, membuat pihak legislator juga angkat bicara. Pemerintah Kota Bima diminta segera bersikap, menyusun langkah strategis.

“Juga kebiasaan kita selama ini, setelah terjadi dulu baru ada sikap. Bencana dulu,  baru susun rencana aksi Pencegahan. Hal itu yang harus kita ubah dari sekarang,” tukas anggota Komisi III DPRD Kota Bima,  Budiansyah, SH.

Kader Gerindra ini menyebutkan, apa yang menjadi prediksi dan penjelasan dari BPBD tersebut sudah sangat masuk akal.  “Apalagi, pemetaan lokasi potensi tsunami ini langsung dikeluarkan oleh BNPB.  Harusnya data tersebut langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dengan sigap,” sentilnya.

Tindaklanjut yang dimaksud Budi yakni, dengan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Seperti pembangunan selter, sebagai tempat penyelamatan pertama tsunami.

Baca Juga: Meskipun Teluk, Kota Bima Tetap Berpotensi Tsunami!

Baca Juga: Bima Pernah Dihantam Empat Kali Tsunami

Selain itu, mulai memikirkan cara untuk memecah ombak tsunami sehingga dampak gelombang berkurang.

“Termasuk memberikan edukasi kepada warga pesisir tentang gempa dan tsunami.  Ini penting dilakukan, sebagai cara mengurangi korban jiwa,” ungkapnya.

Diakuinya, sejak bencana banjir bandang melanda Kota Bima tahun 2016 lalu membuat pemerintah fokus menangani penyebab banjir.  Namun dengan adanya potensi tsunami ini, menjadi alarm bagi semua pihak untuk bersiaga menghadapinya.

“Bukan berarti kita harus takut lebih dulu atau mendahului kuasa Tuhan,  tapi justeru ini menjadi peringatan buat kita,” tambahnya.

Budi meminta kepada masyarakat, untuk tidak panik membaca informasi yang dirilis BNPB tersebut. Tapi menyikapinya dengan bijak,  bahwa informasi tersebut referensi dini bagi masyarakat agar awas dan siaga terhadap bencana yang kapan saja bisa terjadi.  (IQO)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Puluhan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bima, tercatat memiliki potensi tinggi untuk terpapar gelombang raksasa dan paling memomokkan bernama tsunami. Sejumlah...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pandangan yang menyebutkan wilayah Kota Bima tidak akan terpapar bencana tsunami, nampaknya harus dibuang jauh-jauh. Terlebih belakangan ini bencana diberbagai daerah...

Peristiwa

BERIKUT lanjutan catatan dokter Akbar, relawan bencana Palu yang ditulis dengan gaya bertutur selama berada di Sulawesi Tengah. Matahari cerah menyinari RS Lapangan BSMI...

Peristiwa

UNTUK mengisi waktu luang, dr Akbar kembali mengeluarkan handphone untuk menulis perjalanannya di Palu. Tempat favoritnya yaitu Masjid An Nur Sigi – Palu. Berikut...

Peristiwa

SEMPAT meneteskan air mata ketika menyaksikan Palu yang porak poranda dari kaca pesawat sebelum mebdarat di kota itu. Hari pertama tiba, langsung menangani pasien...