Hukum & Kriminal

Diduga Gelapkan Dana, Ketua Panitia Pilkades Desa Ncandi Ancam Lapor Balik

Didi Fahrudin

Bima, Bimakini.- Kasus dugaan penggelapan dana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ncandi, Kecamatan Madapangga, memasuki babak baru. Pasalnya, setelah dilaporkan oleh salah satu anggota panitia Pilkades atas nama Saiful Rahman ke Polres Kabupaten Bima, giliran Ketua Pilkades Ncandi, Didi Fahrudin akan melapor balik. Laporan itu terkait dugaan pencemaran nama baik.

Kata Didi, apa yang dituding oleh salah satu anggota panitia Pilkades, Saiful Rahman itu tidaklah benar. Karena realitanya proses Pilkades berjalan sampai akhir.

“Justeru kami menggunakan anggaran sudah sesuai dengan regulasi yang ada, hal ini membuat saya tidak terima dengan adanya laporan tersebut, maka dari itu  saya akan melapor balik oknum yang sudah mencemarkan nama baik saya. Saya tidak terima pernyataan Saiful Rahman melalui pemberitaan sebelumnya. Hal itu menyimpang jauh dari realita bahkan dirinya mengelaim bahwa hal itu hanya upaya pembunuhan karakter saja,” tutur Didi.

Menurut Didi, berdasarkan Rancangan Penggunaan Uang (RPU) yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) sebesar Rp 30.650.000, bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD). “Apa yang disampaikan Saiful Rahman terlalu mengada – ngada. Pasalnya sesuai RPU dana Pilkades tidak sampai Rp 39 juta,” ujarnya.

Lanjut dia, anggaran honorarium dari Pemda Bima yang dialokasikan sebesar Rp 16.200.000. Panitia Pilkades tujuh orang masing-masing mendapatkan Rp 1 juta. Sedangkan ketua panitia  sebesar Rp 1,3 juta, wakil ketua, bendahara dan sekekertaris sebesar Rp. 1,2 juta.

Selain itu, PJ Kepala Desa, Sekdes, Seluruh Unsur BPD, Pembantu  Panitia dua orang, Satgas tiga orang, Polsek Madapangga (Pengamanan Logistik, red) sudah mendapatkan honornya, termaksud juga Pengadaan kotak suara.

Ditegaskannya, persoalan laporan Syaiful Rahman yang menuding dirinya atas dugaan penggelapan anggaran Pilkades sebesar Rp 39 juta lebih itu akan diselesaikan diranah hukum. “Saya sudah konsultasi dengan PH. Insya Allah beberapa hari kedepan akan melapor balik Saiful Rahman atas dugaan pencemaran nama baik,” pungkasnya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 91
    Shares
To Top