Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Dimutasi, Guru SDN Inpres Palidaru Pertanyakan SK

Kepala UPTD Dikbudpora Bolo, H Ahmad, SH, MSi

Bima, Bimakini.- Guru SDN Inpres Palidaru, Sumarni, SPd.SD dimutasi ke SDN 7 Sila. Namun, dia memertanyakan alasan dimutasi ke sekolah tersebut. Apalagi, mutasi tersebut sudah lama, namun SK definitifnya belum dikeluarkan hingga kini.

“Saya sudah lama dimutasi dari SDN Inpres Palidaru ke SDN 7 Sila. Yakni sejak bulan September lalu, lalu kenapa hingga saat ini belum terbit SK definitif,” ujarnya kepada Bimakini.com, Jum’at (18/1).

Diakuinya, sebelumnya pernah terjadi selisih faham dengan Kepala Sekolah setempat, saat rapat pembagian tugas. Bahkan saat itu, Kasek mengeluarkan keterangan bahwa akan menghapus Dapodiknya.

“Saya tidak terima pernyataan Kasek yang ingin hapus Dapodik. Sedangkan dirinya tidak pernah meninggalkan tugas sebagai pendidik,” ungkapnya.

Mestinya kata dia, Kasek harus mempertimbangkan status dirinya sebagai tenaga pendidik status PNS. Menyusul kejadian itu, dirinya melaporkan ke Dinas Dikbudpora Kabupaten.

“Saya laporkan masalah itu ke Dinas Dikbudpora. Tapi saat itu, pihak dinas menyuruh saya untuk tidak melapor ke BKD dan Bupati,” terangnya.

Bahkan, kata dia, ada juga guru honor yang dikeluarkan dari sekolah dengan alasan tidak jelas. Bahkan informasi yang diperolehnya, akan ada guru lain yang keluar, karena tidak nyaman.

Kepala UPT Dikbudpora Bolo, H. Ahmad, SH, MSi membenarkan adanya guru PNS di SDN Inpres Palidaru yang dimutasikan ke SDN 7 Sila. Yakni dimutasi dengan alasan penyegaran guru.

“Yang bersangkutan dimutasi di SDN 7 Sila melalui SK titipan yakni sejak September lalu,” ucapnya.

Diakui dia, terbitnya SK titipan tersebut berdasarkan pengusulan Kasek setempat. Karena ada kelebihan guru di sekolah setempat. Selain itu, upaya yang dilakukan Kasek tersebut merupakan bentuk penyelamatan sertifikasi oknum guru tersebut.

“Kami hanya tindaklanjut usulan Kasek. Kebetulan sekolah yang dituju membutuhkan tenaga pengajar,” bebernya.

Sesuai pernyataan Bupati Bima setiap kegiatan di Bolo, bahwa penyegaran di dunia pendidikan segera dilakukan yakni dalam kurun waktu yang dekat. Sehingga kata dia, diharapkan kepada seluruh lapisan jajaran pendidikan untuk bersabar karena proses terbitnya SK definitif tidak segampang membalik telapak tangan lantaran banyak hal yang dipertimbangkan.

“Banyak hal yang dipertimbangkan terkait Mutasi. Yakni harus diteliti sesuai tingakt kebutuhan sekolah,” pungkasnya.

Ditegaskan dia, mutasi idealnya bukan karena unsur dendam dan sebagainya. Namun murni dilakukan demi kemajuan dunia pendidikan.

“Kita harap tidak ada asumsi negatif terkait proses mutasi. Karena hal itu dilakukan demi kemajuan semata,” tutup dia.

Sementara itu, Kepala SDN Inpres Palidaru, M. Taufik, S. Pd membenarkan mutasi oknum guru tersebut. Hal itu dilakukan karena kelebihan guru di sekolah setempat bahkan harus paralel untuk mengajar dalam satu kelas. Selain itu, upaya tersebut adalah bentuk menyelamatkan sertifikasinya.

“Mutasi itu bukan karena ada unsur dendam dan sebagainya. Tapi karena kelebihan guru sekaligus selamatkan sertifikasi oknum guru tersebut,” ungkap Taufik.

Dia membantah, jika alasan mutasi karena hubungan yang tidak harmonis. “Mutasi bukan karena ada unsur apa-apa. Tapi karena kebutuhan saja,” tutupnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait