Pemerintahan

Dirjen SDA Minta Bupati Dompu Jaga Kelestarian Hutan

Pengisian awal Bendungan Mila oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementrian PUPR RI Ir .Hari Suprayogi, MEng, Kamis (17/1). Dia meminta agar semua pihak dapat menjaga kelestarian hutan.

Dompu, Bimakini.- Dirjen Sumber Daya Air Kementrian PUPR RI, Ir Hari Suprayogi, MEng meminta kepada Bupati Dompu, Drs Bambang M Yasin agar tetap menjaga kelestarian hutan agar tidak gundul terutama di Hulu. Penegasan itu disampaikan pada saat acara Pengisian Awal Bendungan Mila, Kamis (17/1).

Dikatakannya,  jangan terlena dengan menanam jagung, yang berdampak pada kelestarian hutan. Karena jika hutan tidak ikut dijaga dan dilestarikan, maka akan terjadi sedimentasi  Dam Mila. “Ini harus benar-benar diperhatikan terutama di hulu,” tegasnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan mengenai Bendungan Mila yang terletak di Desa Matua dan Rababaka Kecamatan Woja Dompu itu. Menurutnya pembangunan Dam Mila adalah salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur, untuk mendukung ketahanan air dan ketahanan Nasional.

Bendungan Mila lanjut Dirjen SDA  Hari Suprayogi, menjadi satu kesatuan dengan Bendungan Tanju. Bendungan Mila dengan volume tampungan 6,73 juta meter kubik ini dibangun untuk menunjang fungsi daerah Irigasi Rababaja Kompleks.

“Tentu melalui bendung pengalih dan saluran interbasin. Juga akan menampung kelebihan air Sungai Rababaka. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan Bendungan Mila didesain dengan type urugan zonal inti tegak dengan tinggi 36 m dan panjang puncak 178, 5 M dengan luas genangan 99 hetar,” terangnya.

Nantinya, kata dia, bendungan Mila akan mengairi Daerah Irigasi Rababaka seluas 1.689 Hektar. Selain itu akan menyediakan air Baku 100 liter perdetik dan mereduksi banjir sebesar 142,57 meter kubik per detik di Kecematan Woja.

Selain fungsi tersebut, Bendungan Mila juga penyedia air baku, Pariwisata, Perikanan Darat dan konsevasi. Pada kesempatan itu juga Dirjen didampingi Kepala BWS Regional Satu  Nusra, Ir Asdin Julaidy, MM, MT, Bupati Dompu dan pejabat Provinsi NTB  melakukan penekanan tombol tanda di bukanya Bendungan Mila.

“Nanti kita akan melepas ribuan ikan berbagai jenis,” kata Dirjen seraya meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan Bendungan Mila untuk mengambil ikan dan juga lokasi rekreasi.  (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 20
    Shares
To Top