Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dukcapil Perekaman KTP Elektronik di Kantor Desa Bolo

Kadis Disdukcapil Kabupaten Bima, Zunaidin, MM

Bima, Bimakini.- Untuk memudahkan pelayanan masyarakat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran, Pemerintah Desa Bolo, Kecamatan Madapangga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima perekaman, Sabtu (19/1)

Sekretaris Desa Bolo, Anas Indriadi, SPd, melihat pelayanan perekaman E-KTP tersebut. Dia mengaku pihaknya telah bersurat kepada Disdukcapil supaya dapat membantu warga mendapatkan layanan kependudukan di kantor Desa Bolo.

“Alhamdulillah surat kami dibalas dengan kata Ok dari Dukcapil, sehingga hari ini langsung dibuka pelayanan perekaman KTP Elekronik di Kantor Desa,” ungkapnya.

Kata dia, perekaman E-KTP ini juga tercantum dalam APBDes tahun 2019, dalam rangka registrasi administrasi kependudukan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP, KK dan Akta Kelahiran.

“Program ini sangat membantu warga karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administarsi kependudukan,” katanya.

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Drs Zunaidin, MM menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan. Memperpendek jarak dan biasanya selama ini masyarakat yang mendatangi kantor Dukcapil.

“Bukan hanya sekarang kami melakukan perekaman e-KTP di Desa maupun Kecamatan, ini semua intens kami lakukan untuk membantu maayarakat dengan program yang ada,” jelasnya.

Perekaman di Desa Bolo merupakan kerja sama antara pemerintah Desa dan Dinas tehnis. Pihaknya melakukan mulai pengisian data, perekaman sidik jari serta retina mata.

“Kami lebih awal mendata warga yang belum memilki E-KTP, KK dan Akta kelahiran kemudian melakukan verifikasi dan persiapan dokumen oleh perangkat desa,” kata dia.

“Kami dari Disdukcapil akan melakukan perekaman lanjutan ke Desa Bolo Senin 21 Januari, karena terjadi pemadaman Listrik oleh PLN Bolo dan PLN Woha, sehingga tidak bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sejak Kamis (12/5) lalu, jaringan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima dialihkan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M.Noer mengatakan, suksesnya pemerintahan itu berawal dari pelayanan yang baik dan tidak boleh ada diskriminasi. Apalagi ...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Drs H Dahlan M Noer memberi pembinaan ASN Lingkup Dinas Kependudukan dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, jalin kerjasama antar Dinas untuk permudah pelayanan dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Kadis Dukcapil, Salahudin,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Bolo, Kecamatan Madapangga, Bima, Drs Muhtar H Idris mengungkapkan, seleksi penjaringan Sekdes dan Kadus II Desa Bolo Kecamatan Madapangga...