Pemerintahan

Dukcapil Perekaman KTP Elektronik di Kantor Desa Bolo

Kadis Disdukcapil Kabupaten Bima, Zunaidin, MM

Bima, Bimakini.- Untuk memudahkan pelayanan masyarakat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran, Pemerintah Desa Bolo, Kecamatan Madapangga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima perekaman, Sabtu (19/1)

Sekretaris Desa Bolo, Anas Indriadi, SPd, melihat pelayanan perekaman E-KTP tersebut. Dia mengaku pihaknya telah bersurat kepada Disdukcapil supaya dapat membantu warga mendapatkan layanan kependudukan di kantor Desa Bolo.

“Alhamdulillah surat kami dibalas dengan kata Ok dari Dukcapil, sehingga hari ini langsung dibuka pelayanan perekaman KTP Elekronik di Kantor Desa,” ungkapnya.

Kata dia, perekaman E-KTP ini juga tercantum dalam APBDes tahun 2019, dalam rangka registrasi administrasi kependudukan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP, KK dan Akta Kelahiran.

“Program ini sangat membantu warga karena tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administarsi kependudukan,” katanya.

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Drs Zunaidin, MM menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan. Memperpendek jarak dan biasanya selama ini masyarakat yang mendatangi kantor Dukcapil.

“Bukan hanya sekarang kami melakukan perekaman e-KTP di Desa maupun Kecamatan, ini semua intens kami lakukan untuk membantu maayarakat dengan program yang ada,” jelasnya.

Perekaman di Desa Bolo merupakan kerja sama antara pemerintah Desa dan Dinas tehnis. Pihaknya melakukan mulai pengisian data, perekaman sidik jari serta retina mata.

“Kami lebih awal mendata warga yang belum memilki E-KTP, KK dan Akta kelahiran kemudian melakukan verifikasi dan persiapan dokumen oleh perangkat desa,” kata dia.

“Kami dari Disdukcapil akan melakukan perekaman lanjutan ke Desa Bolo Senin 21 Januari, karena terjadi pemadaman Listrik oleh PLN Bolo dan PLN Woha, sehingga tidak bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 55
    Shares
To Top