Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Event Bau Nyale Akan Jadi Ajang Kampanye Zero Waste

Mataram, Bimakini.- Staf Ahli Menteri Pariwisata, Hesty Reksohastuti, berkunjung ke Lombok menemui Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, Kamis (24/1/2019), guna menanyakan perkembangan kegiatan festival Bau Nyale.

Hesti yang juga penanggung jawab CoE Kementrian Pariwisata, ditemani oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. M. Fauzal. Kunjungan tersebut sekaligus untuk memastikan bahwa festival tahunan Bau Nyale itu juga dihajatkan untuk sosialisasi Zero Waste, di Mandalika, Lombok Tengah.

Wagub mengapresiasi langkah-langkah yang dilaksanakan untuk melancarkan acara Festival Bau Nyale tahun ini dan ia juga tetap mengingatkan terkait ciri khas NTB dengan wisata halalnya.

“Event ini adalah event nasional. Terkait potensi pariwisata di seluruh Indonesia, yang tentunya mempunyai destinasi pariwisata yang indah, kita tetap memiliki keunggulan, kita punya ciri khas yaitu, halal destination yang menjadi nilai lebih kita,” ungkapnya.

Kadispar NTB, L. Moh. Faozal melaporkan event Bau Nyale ini disosialisasikan secara maksimal, di media televisi nasional dan juga memanfaatkan media sosial. “Kita dalam event ini memanfaatkan para pengguna media sosial. Kita akan buatkan sejenis kompetisi di media sosial untuk promosi. Sistemnya para pengguna media sosial membuat postingan terkait event Bau Nyale. Bagi postingan yang banyak like, share dan komentarnya kita akan berikan hadiah,” ungkapnya.

Target untuk pengunjung event ini adalah 1,5 juta wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan mancanegara masih didorong dengan cara berkomunikasi, serta berbagi informasi dengan para penggiat dan pengusaha pariwisata beserta organisasinya.

L. Moh Faozal juga mengungkapkan bahwa, masalah sampah adalah salah satu yang disoroti dalam setiap festival. Oleh sebab itu, dalam festival Bau Nyale tahun ini, pihak panitia Kemenpar bersama Dispar NTB akan menggandeng bank sampah.

“Kita akan berdayakan bank sampah dalam acara tersebut dan masyarakat sekitar dengan menyediakan kantong plastik sekali pakai untuk mengumpulkan sampah,” kata Fauzal.

Staf Ahli Menpar, Hesty menyampaikan bahwa dalam event festival Bau Nyale tersebut, akan diadakan program sosialisasi terkait dengan Zero Waste yang menjadi program unggulan NTB saat ini.

“Di festival tersebut kita akan adakan kampanye terkait Zero Waste Bu Wagub, kita akan hadirkan duta zero waste,” ungkap Hesty.  (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait