Ekonomi

Hama Wereng Serang Padi di Rasabou

Bima, Bimakini.- Hama Wereng menyerang tanaman padi di watasan Desa Rasabou, Kecamatan Bolo.  Dikuatirkan berimbas pada hasil panen, bahkan bisa puso. Kondisi itu sangat dikuatirkan sehingga membutuhkan antisipasi dari pihak terkait.

Petani Rasabou, Wahyudin, membenarkan munculnya hama wereng sekaligus menyerang tanaman padi di So Mbadu, Doro dan lainnya.

“Diperkirakan lebih dari satu bulan kondisi tanaman seperti ini. Sehingga dikuatirkan gagal panen,” ujarnya, Jum’at (25/1).

Terkait kondisi tanaman padi seperti itu,  berharap dinas terkait turun ke lokasi untuk memastikan sekaligus memberikan penyuluhan. Sehingga petani mengetahui apa yang dilakukan.

“Kami harap pihak dinas terkait turun ke lokasi. Yakni mengecek sekaligus memberikan penjelasan apa saja yang harus dilakukan oleh petani,”ujarnya.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Bolo, Ibrahim, SPKP, menjelaskan, pihaknya sudah mendapat informasi terkait munculnya hama wereng tersebut. Berdasarkan laporan PPL desa setempat, sudah memberikan pemahaman pada petani.

Kata dia, awalnya hama wereng melekatkan virus sehingga muncul berbagai penyakit seperti Tungro. Selain itu, munculnya penyakit pada tanaman padi disebabkan oleh embun pada malam hari. Serta disebabkan penggunaan pupuk urea yang berlebihan oleh petani.

“Hama wereng meletakkan virus sehingga muncul penyakit Tungro. Munculnya penyakit oada tanaman padi juga disebabkan karena embun dan penggunaan pupuk urea yang berlebihan,” ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk mengantisipasinya yakni menggunakan obat fungsida jenis Remazole -P dicampur dengan Insektisida yakni Duppont Cair, Manufer dan insektisida lainnya. Namun, jika tanaman padi mulai bunting, petani harus menggunakan Bom padi.

“Kita sudah melakukan uji coba. Yakni gunakan fungsida jenis Remazole -P dicampur dengan Insektisida yakni Duppont Cair, Manufer dan insektisida lainnya,” pungkasnya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 14
    Shares
To Top